Pemprov Jambi Buka Penerimaan Beasiswa, Ada untuk Marbot Masjid dan Hafiz Quran, Catat Tanggalnya

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi kembali membuka pendaftaran beasiswa perguruan tinggi (PT).

Pemprov Jambi Buka Penerimaan Beasiswa, Ada untuk Marbot Masjid dan Hafiz Quran, Catat Tanggalnya
Tribunjambi/Zulkifli
Kadis Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heriyanto, Akui Sudah Tindaklanjuti Temuan BPK Senilai Rp 250 Juta 

Pemprov Jambi Kembali Buka Penerimaan Beasiswa, Ada untuk Marbot Masjid dan Hafiz Quran Catat Tanggalnya

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi kembali membuka pendaftaran beasiswa perguruan tinggi (PT).

Jadwal pendaftaran di mulai pada 1 Agustus ini dan berakhir pada 31 Agustus mendatang. Kuota yang tersedia sebanyak 685 orang untuk beberapa kategori beasiswa.

Menariknya, tahun ini ada yang berbeda dari sebelumnya yakni ada kategori beasiswa penjaga masjid (marbot) bagi mahasiswa strata satu. Selain itu yang berbeda ada syarat bobot akreditasi kampus yang dinilai, bukan hanya Indeks Prestasi (IP) Semester terakhir saja.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Heriyanto menyampaikan, untuk tahun ini proses beasiswa pemprov akan lebih transparan lagi. Dalam artian urutan peringkat calon penerima beasiswa bisa dilihat secara langsung pada website beasiswa disdikjambiprov.go.id.

“Bisa dilihat langsung nama pengusul beasiswa, apa memenuhi kuota pada kategori yang dituju, jadi seterbuka mungkin,” jelasnya.

Baca: Rumah Makan di Jambi Perlu Lebel Halal, Fasha Berencana Jalin Kerjasama dengan MUI

Baca: Pokja Sanitasi Kota Banjarmasin Datang ke Jambi, Syarif Fasha Beri Tips Sukses Gelar CSS

Baca: Bunuh Imam Masjid Muarojambi Lantaran Kesal, Subur Kini Diancam Hukuman Seumur Hidup

Baca: Kemarau, TPHP Bungo Tunda Tanam Ribuan Hektare Padi dan Jagung

Baca: Satgas Karhutla Temukan 17 Titip Api, Danrem Kirim Personel Bantu Pemadaman di Arang Arang Jambi

Untuk totalnya Agus menyebut ada 685 beasiswa Perguruan Tinggi dengan rincian diploma tiga sebanyak 75 orang (Rp5 Juta per orang), strata satu 80 orang (Rp5 Juta per orang), lalu ada pula strata satu khusus marbot sebanyak 20 orang (Rp5 Juta per orang). Kemudian strata dua 50 orang (Rp15 Juta perorang), dokter spesialis 10 orang (Rp100 juta per orang).

“Untuk tahun ini ada juga pembagian bidang studi (Kuota) IPA dan IPS dan juga ada kuota khusus bagi marbot dan hafiz Quran di perguruan tinggi, “ jelasnya.

Untuk penentuan beasiswa akan diberikan, Agus diperoleh melalui nilai akhir. Yang merupakan penjumlahan dari akreditisi kampus, IP Semenster terakhir, dan Prestasi lainnya yang memiliki bobot tersendiri.

“Sedangkan untuk marbot akan dilihat dari surat pengurus masjid dan diantara mereka dan dilihat nilai IP mereka juga, bahkan untuk hari pertama saja ini sudah ada yang daftar 24 orang untuk peroleh beasiswa khusus marbot masjid,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved