Bulan ke Lima Proses Tender di Kerinci Belum juga Dimulai, Ini Penjelasan Setda Kerinci

Memasuki bukan ke lima, proses tender setiap paket kegiatan fisik di sejumlah OPD Kabupaten Kerinci belum juga terlaksana.

Bulan ke Lima Proses Tender di Kerinci Belum juga Dimulai, Ini Penjelasan Setda Kerinci
TRIBUNJAMBI/ROHMAYANA
Proyek pembangunan JCC 

Bulan ke Lima Proses Tender di Kerinci Belum juga Dimulai, Ini Penjelasan Setda Kerinci

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Tahun anggaran 2019 telah memasuki bukan ke lima. Namun hingga saat ini proses tender setiap paket kegiatan fisik di sejumlah OPD Kabupaten Kerinci belum juga dilaksanakan.

Hal tersebut dibenarkan Kabag Ekobang Setda Kerinci, Askar Jaya ditemui, Senin (6/5). Dia mengatakan, bahwa pada 2019 ini proses tender berbeda dengan 2018 lalu. Pada tahun ini memakai sistem online dimana OPD harus melalui tahapan pengumuman RUP.

"Tahun ini beda dengan tahun lalu. Untuk tahun ini proses kegiatan tender harus diumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) dulu, ditanyangkan di sistem LPSE, biar masyarakat tahu berapa jumlah alokasi dananya dan paket," jelasnya.

Setelah proses diumumkan di sistem LPSE, pihak OPD mengajukan permohonan tender baru dilakukan proses tender masuk sistem dan diumumkan.

"Kalau 2018 Ekobang yang umumkan, tapi Perpres baru PPK yang ngumumkan, kami memiliki sistemnya, jadi kami jadi wasitnya," terangnya.

Baca: Wacana Ilegal Drilling di Jambi Dilegalkan, ESDM Sebut Tak Ada Peluang Kecuali Hal Ini Dilakukan

Baca: VIDEO: Mini Bus Adu Kambing dengan Dua Motor di Pondok Meja, Sepasang Suami Istri Tewas di Tempat

Baca: Warga Sarolangun Takut, Jembatan Tua Bergoyang Saat Dilintasi Truk

Baca: Nyaris Bangkrut, PT Jambi Indoguna International Dapat Tawaran Investasi dari Pusat

Baca: Tengah Malam Rumah Buruh di Jambi Digerebeg Polisi, Aparat Temukan Sabu 8 Gram

Ditanya OPD yang sudah mengumumkan RUP? Kata Askar, saat ini banyak yang mengumumkan hanya saja dia tidak mengetahui pasti jumlahnya.

"Sampai hari ini baru RUP yang masuk, cuma lelang belum. Kalau untuk proses lelangnya nanti harus dilakukan direview untuk cek dokumen oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di Inspektorat," tambahnya.

Menurut sistem yang dilakukan dengan sistem online tersebut, untuk tranparansi dalam proses lelang atau tender kegiatan fisik di Kabupaten Kerinci.

"Jadi masyarakat bisa melihat secara terbuka, tidak seperti dulu diserahkan berkas yang banyak kepada kami (LPSE, red), tahun ini kita hanya memantaunya," pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved