Heritage

Melongok Rumah Kolonel Abunjani, Ada Banyak Relief, Ruang Bawah Tanah dan Asa pada Pemerintah 

Masyarakat Jambi tentu tidak asing lagi dengan nama jalan Kolonel Abunjani di bilangan Sipin. Tapi tahukah Anda jika Kolonel Abunjani

Melongok Rumah Kolonel Abunjani, Ada Banyak Relief, Ruang Bawah Tanah dan Asa pada Pemerintah 
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS
Rumah Pahlawan Jambi, Kolonel Abunjani di Telanai Pura Kota Jambi. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Masyarakat Jambi tentu tidak asing lagi dengan nama jalan Kolonel Abunjani di bilangan Sipin. Tapi tahukah Anda jika Kolonel Abunjani adalah pahlawan dari Jambi?

Kolonel Abunjani lahir di Sekaladi, 24 Oktober 1918. Ia memiliki riwayat pejuang kemerdekaan dari 1945 hingga 1949. Sampai saat ini kediamannya masih ada dan dihuni oleh anak terakhirnya yaitu Arman Abunjani.

15082018_lukisan_abunjani
Lukisan Abunjani (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Leetower Property Development Tawarkan 15 Rumah Promo Hingga Akhir Agustus

Rumah itu terletak di bilangan Telanai Pura tepatnya di belakang Bank Jambi. Rumah itu tampak sepi seperti tidak berpenghuni. Rumah yang berukuran besar juga diimbangi dengan halaman yang luas. Keadaanya tidak terlalu terawat dengan baik.

Tribunjambi.com berkesempatan mengunjungi rumah itu dan sempat berbincang dengan Arman Abunjani. Ia mengatakan rumah ini memang milik pribadi dan masih diurus sama pihak keluarga.

“Rumah ini selesai pada 1964. Luasan dari rumah ini sekitar satu hektare,” ungkapnya kepada tribunjambi.com Rabu (15/8).

Ia mengatakan, dari Pemerintah Jambi tidak ada yang pernah mengunjungi sekalipun pada momen kemerdekaan. Terakhir ada kunjungan sekitar tahun 80an oleh Danrem masa itu.

“Untuk wilayah Jakarta masih rutin mengirimkan undangan kepada pihak keluarga untuk hadir pada momen kemerdekaan. Tapi kalau dari daerah Jambi tidak ada,” ucapnya.

Relief di dinding rumah Pahlawan Jambi, Abunjani
Relief di dinding rumah Pahlawan Jambi, Abunjani (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Kasus Pasar Malioboro, Fasha Sebut Tidak Ada Aset Pemerintah yang Diperjualbelikan

Baca: Pergi ke Rumah Sakit, Motor Zulkifli di Rumah Raib Satu

Tribunjambi.com berkesempatan melihat seisi rumah pejuang Jambi ini. Rumah ini terdiri dari dua lantai dengan cat berwarna putih. Pada halaman ada hamparan rumput yang sudah tidak hijau lagi. Tidak ada sampah dan banyak ditumbuhi pepohonan.

Ada banyak jendela di sana dengan gambar wanita mengenakan baju melayu Jambi seperti sedang menari. Gambar ini ada di tiap jendela.

Halaman
12
Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved