Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Forum DAS Bicara Kondisi Sungai di Jambi, Kondisinya Memprihatinkan, Ini Harus Dipulihkan

DI Provinsi Jambi, ada dua DAS yang ditangani forum tersebut, yaitu DAS Batanghari dan DAS Pengabuan.

Forum DAS Bicara Kondisi Sungai di Jambi, Kondisinya Memprihatinkan, Ini Harus Dipulihkan
TRIBUN JAMBI/MAREZA SUTAN AJ
Ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Tagor Mulia Nasution

Sontak dijawab muridnya, air sungai itu cokelat. Itu tidak bisa disalahkan, karena kondisinya memang begitu.

Dalam dua dekade terakhir, kondisi sungai di Provinsi Jambi semakin memprihatinkan.

Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) kemudian dihadirkan Kementerian Kehutanan pada 2013 lalu untuk bekerja sama menangani daerah aliran sungai yang ada pada setiap provinsi.

DI Provinsi Jambi, ada dua DAS yang ditangani forum tersebut, yaitu DAS Batanghari dan DAS Pengabuan.

Bagaimana kondisi DAS tersebut saat ini dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kondisi aliran sungai? Hal itu diungkapkan ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Tagor Mulia Nasution dalam petikan wawancara berikut.

Apa saja tugas dan peran Forum DAS dalam menangani persoalan aliran sungai di Provinsi Jambi?
Tagor Mulia Nasution : Forum DAS membahas mengenai Daerah Aliran Sungai (DAS), terutama DAS Batanghari, kemudian juga ada DAS Pengabuan. Forum DAS ini dibentuk berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan (sekarang KLHK) nomor 1 tahun 2013. Kemudian itu ditindaklanjuti oleh Gubernur Jambi melalui peraturan daerah nomor 1 tahun 2013 tentang pembentukan Forum DAS. Kemudian di-SK-kan oleh gubernur.

Saya sebelum pensiun diminta untuk menjadi ketua Forum DAS periode 2018-2023. Karena ini berkaitan dengan lingkungan, sesuai dengan latar belakang saya yang banyak berkecimpung di bidang lingkungan, baik pertanian, perkebunan, ketahanan pangan, juga akhirnya di Pemda, saya akhirnya menerima dan setuju menjadi ketua, sehingga keluarlah SK Gubernur.

Kami diberikan sekretariat di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lingung (BPDASHL) Batanghari di Telanaipura, difasilitasi di sana sehingga dapat melaksanakn kegiatan. Sampai hari ini kami sudah bisa membentuk 7 Forum DAS di kabupaten/kota.

Batanghari, Muarojambi, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi belum.

Komposisi kepengurusan orang-orang yang tergabung dalam Forum DAS seperti apa?
Tagor: Komposisi orang-orang di Forum DAS itu terdiri dari yang PNS dan non-PNS. Yang PNS ini biasanya kepala dinas yang ada sangkutannya dengan lingkup lingkungan hidup, seperti Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Bapppeda, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, juga ada Dinas ESDM, yang erat hubungannya dengan lingkungan dan air.

Halaman
1234
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved