Breaking News:

Sengketa Pilgub Jambi 2020

MK Putuskan Pemilihan Ulang di Pemilihan Gubernur Jambi, KPU Provinsi Jambi Tunggu Salinan Putusan 

MK Putuskan Pemilihan Ulang di Pemilihan Gubernur Jambi, KPU Provinsi Jambi Tunggu Salinan Putusan 

Penulis: Dedy Nurdin | Editor: Deni Satria Budi
IST
Tampilan layar Hakim MK membacakan putusan atas sengketa Pilgub Jambi, dan dua pasang peraih suara tertinggi di Pilgub Jambi 2020 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, masih menunggu petikan putusan Majelis Hakim Pengadilan Mahkama Konstitusi (MK) atas putusan pada gugatan sengketa pemilihan Gubernur Jambi, tahun 2020 yang telah dibacakan pada persidangan Senin (22/3/2021) malam. 

Dimana dalam putusan perkara gugatan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), MK mengabulkan permohonan pihak penggugat. Dalam hal ini tim pemenangan pasangan Calon Gubernur Jambi Cek Endra - Ratu Munawaroh. 

Terkait putusan MK tersebut, Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi, mengatakan telah mengetahui hasil putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Mahkama Konstitusi RI.

Baca juga: MK Putuskan PSU di Pilgub Jambi, Al Haris Nilai Ada Materi yang Diragukan Keabsahannya

Baca juga: MK Putuskan PSU Pilgub Jambi di 88 TPS Begini Respons Al Haris dan Ratu Munawaroh

Namun, pihaknya masih akan mempelajari hasil putusan tersebut.

"Kami masih menunggu salinan putusan MK, kami juga masih akan berkordinasi dengan KPU RI mengenai putusan ini termasuk mekanismenya nanti," katanya. 

Apnizal mengatakan, sesuai hasil putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim MK, pada intinya mengabulkan permohonan penggugat. Yakni dilakukannya Pemungutan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 88 TPS. 

Sesuai putusan PSU harus dilakukan dalam waktu 60 hari setelah putusah majelis hakim dinyatakan inkrah. Menurut Apnizal, ada banyak tahapan yang harus diperaiapkan untuk pelaksanaanya. 

Termasuk penyediaan anggaran PSU serta perombakan petugas ditingkat kecamatan.

Baca juga: Ketua Pemenangan Haris-Sani Ajak Timnya Untuk Awasi DPT Setelah Keluar Hasil Putusan MK Agar PSU

Baca juga: Hasil Putusan MK Perintahkan PSU, Al Haris Ajak Timnya untuk Berjuang Lagi

"Kita harus melakukan penggantian PPK terlebih dahulu. Untuk anggaran kami akan segera menyusun, tapi pasti kita masih mempelajari salinan putusan MK dan berkordinasi lagi dengan KPU RI. Nanti mereka yang akan merancangnya," pungkasnya.

Hasil putusan sidang MK memutuskan mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Kemudian menyatakan keputusan KPU Provinsi Jambi, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub dan Wagub Jambi 19 Desember 2020 lalu dibatalkan.

Hasil putusan MK juga menyatakan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) kepada 88 TPS. Hakim MK mengatakan telah terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Jambi 2020 tersebut.

Dari hasil putusan tersebut ditetapkan untuk melaksanakan PSU, dan KPU memiliki wktu 60 hari kerja sejak putusan dibacakan untuk mengadakan PSU. (Tribunjambi.com/Dedy Nurdin)

Baca juga: HASIL Piala Menpora Malam Ini, Persija Terlempar ke Dasar Grup B Usai Takluk 0-2 dari PSM Makassar

Baca juga: Hasil Putusan MK Kabulkan Tim CE-Ratu, Pemungutan Ulang Diperkirakan Rebutkan Hampir 50 Ribu Suara

Baca juga: Ratu Munawaroh Minta Tim Menahan Diri dan Tidak Euforia atas Hasil Putusan MK Gelar PSU

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved