Breaking News:

Berita Jambi

Termasuk Spesies Langka, Orangutan Sumatera Yang Dibawa Dari Thailand ke Jambi Dalam Kondisi Sehat

Orangutan Sumatera (Pongo Ahelli) yang berhasil direpatriasi dari Thailand ke Jambi pada hari ini Jumat (18/12/2020) dalam kondisi sehat.

Penulis: Zulkipli
Editor: Rahimin
tribunjambi/zulkifli
Lima tahun berada di Tahailand, dua ekor Orangutan Sumatera (Pongo Ahelli) Ung Aing dan Natalee akhirnya tiba di Jambi, pada Jumat (18/12/2020). Termasuk Spesies Langka, Orangutan Sumatera Yang Dibawa Dari Thailand ke Jambi Dalam Kondisi Sehat 

Spesies Langka, Orangutan Sumatera Yang Dibawa Dari Thailand Ke Jambi Dalam Kondisi Sehat

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua ekor satwa dilindungi jenis Orangutan Sumatera (Pongo Ahelli) yang berhasil direpatriasi dari Thailand ke Jambi pada hari ini Jumat (18/12/2020) dalam kondisi sehat.

Kepala BKSDA Provinsi Jambi Rahmad Saleh mengatakan kondisi kesehatan satwa dilindungi tersebut sudah diperiksa baik di Negara Thailand, di Jakarta maupun di Jambi. 

"Kita juga di Jambi juga melakukan medical cek up semua kesehatan dari orangutan ini, mulai dari tes darah, TBC, hepatitis dan lain-lain sebagainya," sebut Rahmad Saleh.

Baca juga: Masyarakat Dilarang Keras Hubungi Call Center 112 Hanya Untuk Main-main, Sanksi Akan Diberlakukan

Baca juga: Lima Tahun di Thailand Jadi Korban Perdagangan Ilegal, Dua Ekor Orangutan Sumatera Tiba di Jambi

Baca juga: Usai Pilkada Serentak di Tanjab Timur, Tim Gugus Tugas Rapid Test Massal Masyarakat & Penyelenggara

Bahkan kata Rahmad, kedua primata itu akan dilakukan pemeriksaan covid-19 sebelum dibawa ke sanctuary Orangutan yang ada di Danau Alo Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Kalau kondisi mentalnya nanti kita rawat dulu, kita akan ikuti kebiasaanya apa yang telah dilakukan di Thailand," sebutnya. 

Kegiatan rehbilitasi kedua Orangutan ini bekerjasama dengan Farankfurt Zooogical Society (FZS).

Lima tahun berada di Tahailand, dua ekor Orangutan Sumatera (Pongo Ahelli) Ung Aing dan Natalee akhirnya tiba di Jambi, pada Jumat (18/12/2020). Termasuk Spesies Langka, Orangutan Sumatera Yang Dibawa Dari Thailand ke Jambi Dalam Kondisi Sehat
Lima tahun berada di Tahailand, dua ekor Orangutan Sumatera (Pongo Ahelli) Ung Aing dan Natalee akhirnya tiba di Jambi, pada Jumat (18/12/2020). Termasuk Spesies Langka, Orangutan Sumatera Yang Dibawa Dari Thailand ke Jambi Dalam Kondisi Sehat (tribunjambi/zulkifli)

Koordinator Program FZS Peter F. Pratje menerangkan proses rehabilitasi kedua Orangutan ini butuh waktu panjang, untuk menyesuaikan diri kembali ke habitat aslinya di hutan. 

"Kami berasumsi ini bisa mencapai 1-2 tahun untuk pelatihan, sebelum dikembalikan ke hutan. Karena kita sudah mendengar ke dua Orangutan ini ditangkap di usia antara 1-2 tahun jadi mereka masih butuh susu dari induknya, mereka pasti tidak punya pengalama bagaimana hidup di hutan. Jadi butuh proses untuk kembali manjadi Orangutan liar," jelas Peter.

Baca juga: Tim Resnarkoba Polres Tanjung Jabung Timur Amankan Puluhan Ribu Bayi Lobster di Desa Teluk Majelis

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Siap Temui Perwakilan FPI untuk Dialog, Asal Batal Unjuk Rasa

Baca juga: SEMPAT Bantah Isu Pisah Ranjang, Kini Aura Kasih Gugat Cerai Eryck Amaral, Ini Kata PN Jaksel

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved