Breaking News:

Kasus Gratifikasi Dinas PUPR

Apif Bongkar Fee Bisnis Singkong Keluarga Zumi Zola, Akhirnya Ketahuan Rp 10 Miliar

Ternyata bisnis singkong keluarga Zumi Zola turut disebut dalam sidang kasus dugaan tindak pidana korupsi dan gratifikasi fee proyek di Dinas PUPR

Penulis: Dedy Nurdin | Editor: Edmundus Duanto AS
Kolase/TRIBUNNEWS/KOMPAS.COM
Zumi Zola, mantan Gubernur Jambi. Dalam sidang kasus ketok palu RAPBD Provinsi Jambi, Apif mengungkap fee untuk bisnis singkong keluarga Zumi Zola. 

TRIBUNJAMBI.COM, TRIBUN - Kemarin digelar sidang dengan terdakwa Arfan, mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi di Pengadilan Tipikor Jambi.

Lima orang saksi dihadirkan, yakni Zumi Zola mantan Gubernur Jambi, Asrul Pandapotan, Jeo Fandy Yoesman alias Asiang, Apif Firmansyah dan Hendri.

Zumi Zola mengikuti sidang kasus ketok palu RAPBD Provinsi Jambi secara daring, demikian pula dengan Arfan.

Ternyata bisnis singkong keluarga Zumi Zola turut disebut dalam sidang kasus dugaan tindak pidana korupsi dan gratifikasi fee proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Ini terungkap dalam kesaksian Apif Firmansyah.

Baca juga: Orang Dekat Presiden Soeharto Meninggal, Sosok Soenarto Soedarno Penulis Pidato Istana Sejak 1960an 

Bekas tangan kanan Zola yang kini duduk di DPRD Provinsi Jambi itu mengaku dimintai tolong oleh Zumi Zola untuk mencarikan dana Rp10 miliar.

Peristiwa pada awal 2017 itu menurut Apif lalu ia sampaikan ke Dodi Irawan yang saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Zumi Zola dihadirkan dalam persidangan melalui virtual di Pengadilan Negeri Jambi, Kamis (12/11/2020)
Zumi Zola dihadirkan dalam persidangan melalui virtual di Pengadilan Negeri Jambi, Kamis (12/11/2020) (Tribunjambi/widyoko)

"Dari pak Dodi diarahkan temui Iim (Imanuddin). Dia pengusaha kontraktor, orang kepercayaan pak Dodi," katanya.

Namun dari Rp10 miliar yang diminta itu hanya disanggupi oleh Iim sebesar Rp4 miliar. Uang dalam dolar sebanyak 300 ribu dolar Amerika (USD) dan Rp1 miliar.

Masih dari keterangan para saksi di persidangan, di bulan September 2017 Apif juga menerangkan adanya permintaan uang Rp10 miliar lagi dari Zumi Zola kepada Arfan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved