Breaking News:

Pilkada di Jambi

Menanti Kepastian Partai Pengusung di Pilgub Jambi, Apa Yang Didapat, Siapa Yang Dapat?

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang rencananya pemungutan suara ditetapkan pada 9 Desember, akan juga digelar di Provinsi Jambi.

Warta Kota
Pilkada 2020 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang rencananya pemungutan suara ditetapkan pada 9 Desember, akan juga digelar di Provinsi Jambi. 5 pilkada kabupaten/kota, plus pemilihan gubernur.

Pemilihan Gubernur Jambi periode 2021-2024 yang dinilai cukup menarik minat untuk disimak. Kenapa menarik, rerata yang bakal ikut bertarung adalah kepala daerah, plus satu gubernur. Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar, Wali Kota Jambi Dr H Syarif Fasha, Bupati Merangin Dr H Al Haris dan Bupati Sarolangun H Cek Endra, Dr H Safrial Bupati Tanjab Barat dan Wali Kota Sungai Penuh Prof H Asafri Jaya Bakri (AJB).

Tiga bupati dan dua wali kota menjabat sebagai kepala daerah dua periode. Fachrori Umar menjabat sebagai Gubernur Jambi 13 Februari 2019 (menggantikan Zumi Zola). Bupati Tanjab Barat dan Wali Kota Sungai Penuh menyatakan diri cuma maju sebagai balal calon wakil gubernur. Empat lagi yang menyatakan maju sebagai bakal calon gubernur.

PAN Jambi Masih Menunggu Kabar DPP Ada atau Tidaknya Survei Bagi Bacalon yang Mendaftar

Kantongi Rekom Golkar, CE Coba Satukan Golkar-PDIP

Intens Komunikasi dengan Dua Partai Besar, Fasha Siap Beri Kejutan

Menariknya, dari masing-masing bacagub-bacawagub ini mempunyai basis masing-masing di daerah yang mereka pimpin. Selain itu, yang cukup menyedot perhatian khalayak banyak, ialah perebutan partai politik pengusung, sebagai syarat mutlak maju di pilkada. 

Editorial, Sabtu 4/7/2020
Editorial, Sabtu 4/7/2020 (tribunjambi)

Satu pasangan bakal calon yang dipastikan bisa maju, yakni Al Haris dan Abdullah Sani. Mereka sudah diusung PKB, PKS dan Partai Berkarya (11 kursi). Pasangan ini juga masih mengincar partai lain, kemungkinan PAN.

Sedangkan Syarif Fasha baru mendapat surat tugas dari PPP (3 kursi), ia kemungkinan berpasangan dengan AJB. Sementara Fachrori-Safrial mendapat surat tugas dari Partai Hanura (2 kursi). Pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh baru mendapat 7 kursi (Partai Golkar.

Blak-blakan Mojok Politik Tribun Jambi, Mau Berapa Partai? Siapa yang Paling Berpeluang?

Malangnya Nasib Novel Baswedan Diminta Kembalikan Uang Pengobatan Mata Rp3,5 Miliar: Tanya Presiden!

Kondisi Terkini Maudy Ayunda usai Suara diduga Bertengkar dengan Pria di Instagram Live Viral

Partai Gerindra (7 kursi), Nasdem (2 kursi), Demokrat (7 kursi), PDI Perjuangan (9 kursi), PAN (7 kursi). Lima partai tersisa inilah yang akan diperebutkan 4 pasangan tersebut. Pasangan Al Haris-Sani mereka masih mengincar partai tambahan, bisa saja PAN yang dibidik.

Sedangkan Fasha,  walau disebut sudah pasti diusung Partai Gerindra dan PPP, masih ingin mencari partai tambahan. Nasdem, Demokrat (AJB kader Partai Demokrat) dan PAN jadi incaran pasangan ini.

Fachrori Umar saat wawancara usai pengembalian formulir penjaringan di PAN Jambi
Fachrori Umar saat wawancara usai pengembalian formulir penjaringan di PAN Jambi (Tribunjambi/Dunan)

Lihat saja pertemuan politik terjadi saat Syarif Fasha, Kamis (2/7/2020) siang bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Walau disebut cuma silaturahmi biasa.

 Begitu juga Fachrori Umar (kader Nasdem) dan Safrial (Kader PDIP) mengincar Nasdem dan PDIP plus Partai Demokrat. Terakhir, Cek Endra dan Ratu Munawaroh mereka mengincar PDIP.

Kopassus Temukan Peti Penuh Uang, Komandan Bilang Jangan Sentuh Bisa Mati

Halaman
12
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved