Begini Sekolah Pasar Modal Online di Masa New Normal

Bedanya, SPM selama periode pandemi hingga new normal saat ini dilakukan melalui platform webinar (web seminar) atau secara online.

tribunjambi/fitri amalia
Fasha Fauziah, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Selama masa pandemi Covid-19, berlanjut ke PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan menjadi new normal, kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang difasilitasi Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama para Anggota Bursa tetap berjalan.

Bedanya, SPM selama periode pandemi hingga new normal saat ini dilakukan melalui platform webinar (web seminar) atau secara online.

Fasha Fauziah Kepala BEI Provinsi Jambi mengatakan, kegiatan edukasi bagi masyarakat ini tetap berjalan lancar meski dalam situasi yang berbeda. BEI berhasil beradaptasi dengan situasi pandemi ini untuk terus menjalankan fungsinya sebagai fasilitator perdagangan saham di Pasar Modal Indonesia.

Pemutian Pajak Kendaraan Ditutup Hari Ini, Juanda: Perlu Dipertimbangkan untuk Dilanjutkan Kembali

Inilah Hasil Survei Menteri dengan Kinerja Terendah, Prabowo Urutan Pertama Menteri yang Memuaskan

Terungkap di Persidangan, Ternyata Tiga Minggu Berturut-turut Yoga Bobol Rumah Korban yang Sama

"Salah satu tugas fasilitator adalah melakukan edukasi dan sosialisasi mengenalkan cara berinvestasi di pasar modal," ujarnya baru baru ini.

Kelas Online SPM sebetulnya sudah disiapkan sejak sebelum masa pandemi. Ini menjadi solusi bagi calon investor yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri kelas tatap muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi. Kelas online SPM menjadi semakin bermanfaat ketika terjadi wabah pandemi Covid-19.

Fahsa menjelaskan, dalam kelas online ini calon investor akan mendapatkan edukasi investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media video conference, audio, email dan forum digital yang digunakan sebagai sarana belajar.

Calon investor juga akan langsung diarahkan untuk membuat Rekening Dana Nasabah (RDN) dari mitra Perusahaan Efek (PE) yang menjadi mitra dari SPM Online, untuk kemudian digunakan pada saat berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia.

"Tagline SPM adalah “Belajar Pasar Modal dari yang Ahli di Bidangnya”. Pengajar Sekolah Pasar Modal adalah pelaku-pelaku pasar modal yang sudah bergelut di dunia pasar modal bertahun-tahun dan merupakan ahli di bidangnya. Sehingga sesuai misinya menjadi sarana Iinformasi dan edukasi yang benar serta meningkatkan awareness kepada semua kalangan baik pelaku, pengamat, dan khalayak umum," jelasnya.

Dengan adanya Sekolah Pasar Modal yang terbuka untuk umum, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan dunia pasar modal ke masyarakat umum yang masih buta mengenai pasar modal.

Sebagai gerbang pertama menjadi investor di pasar modal, SPM menyiapkan modul pembelajaran berinvestasi saham dan reksa dana, serta edukasi pasar modal syariah (SPMS).

Halaman
12
Penulis: fitri
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved