Pertama Kali di Jambi, Sensus Penduduk Tahun 2020 Akan Dilakukan Secara Online

Guna mensukseskan sensus penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar workshop wartawan, di Hotel Aston, Sabtu (30/11).

Pertama Kali di Jambi, Sensus Penduduk Tahun 2020 Akan Dilakukan Secara Online
Tribunjambi/Rohmayana
Guna mensukseskan sensus penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar workshop wartawan, di Hotel Aston, Sabtu (30/11). 

Pertama Kali di Jambi, Sensus Penduduk Tahun 2020 Akan Dilakukan Secara Online

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Guna mensukseskan sensus penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar workshop wartawan, di Hotel Aston, Sabtu (30/11). Dalam workshop tersebut hadir lebih dari 30 media, baik cetak maupun elektornik yang ada di Kota Jambi.

Dasar dilakukan workshop ini agar para media mengetahui kondisi yang ada di Provinsi Jambi saat ini. Sehingga para wartawan dapat membaca data yang ada dengan baik.

“Kami akan mencoba menganalisis dengan lebih baik, sehingga para wartawan juga bisa memiliki kapasitas yang lebih dalam membaca data yang tersedia,” sebut Dadang Hardiawan, kepala BPS Provinsi Jambi.

Gubernur Fachrori Buka Muswil XIV Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi

Tips Merasa Betah Bekerja Meski Tak Sesuai Passion Ala Tria

Buat Kesepakatan dengan Anak Kapan Sebaiknya Menggunakan Handphone

Dikatakan Dadang bahwa sensus penduduk 2020 mendatang akan dilakukan pertama kali dengan sistem digital. Menurutnya segala kebutuhan tengah dipersiapkan. Dengan sistem sensus baru, pihaknya juga menggandeng Dinas Dukcapil di seluruh kota/kabupaten Provinsi Jambi.

Menurut Dadang saat ini kesiapan sensus penduduk dari sisi pemetaan sudah terpenuhi. Selanjutnya, akan mencocokkan data yang sudah diterima dari Dinas Dukcapil terhadap wilayah kerja statistik.

"Data sudah kita terima dari Dinas Dukcapil. Sekarang tahapannya membuat daftar penduduk," katanya.

Lanjutnya, koordinasi dan konsolidasi juga perlu dilakukan BPS, tidak hanya kepada instansi pemerintah, namun juga kepada awak media. "Karena wartawan bagian dari publisitas untuk pelaksanaan sensus penduduk," ujarnya.

Untuk kali pertama melakukan sensus penduduk secara online, Dadang mengaku belum mengetahui bagaimana respon dari masyarakat. Dirinya berharap, agar semua pihak dapat sadar dan membantu untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 ini.

Sementara itu, untuk di Provinsi Jambi, Dadang mengatakan tidak semua daerah melakukan wawancara dengan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Tiga diantaranya, yaitu Tanjung Jabung Barat, Merangin dan Tebo masih menggunakan wawancara dengan mengisi kuesioner atau metode Pen and Paper Personal Interviews (PAPI).

"Selebihnya sudah siap menggunakan wawancara CAPI, nantinya data akan langsung masuk ke server," kata Dadang.

13 Atlet Jambi Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games Manila Filipina

Dinas Pendidikan Ungkap Penyebab Dana Sertifikasi Guru di Jambi Belum Cair, BPK Disebut-sebut

Tria: Jangan Terlalu Membandingkan Hidup dengan Orang Lain

Dirinya mengatakan, segala tahapan kesiapan sensus penduduk secara online dikembalikan kepada masing-masing daerah. Untuk di Jambi, dirinya mengatakan memang tidak memungkinkan seluruh daerah diberlakukan SP wawancara online.

"Makanya ada sistem combine methode, yaitu online dan wawancara kuesioner. Karena Jambi tidak mungkin diterapkan online semua. Ada daerah blankspot dan Suku Anak Dalam (SAD) tidak mungkin dengan metode online," jelasnya.

Dadang menjelaskan, ada dua tahapan sensus. Yaitu, sensus penduduk secara online yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada bulan Februari hingga Maret. Kemudian, tahap dua ialah sensus penduduk wawancara, dengan metode PAPI dan CAPI pada bulan Juli.

"Kalau untuk tahap satu itu, sensus penduduk serentak di Indonesia dengan menggunakan Computer Aided Web Interviewing (CAWI)," pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved