Dinas Pendidikan Ungkap Penyebab Dana Sertifikasi Guru di Jambi Belum Cair, BPK Disebut-sebut

Hingga November 2019 ini, dana sertifikasi guru triwulan ke tiga yang berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, belum kunjung cair.

Dinas Pendidikan Ungkap Penyebab Dana Sertifikasi Guru di Jambi Belum Cair, BPK Disebut-sebut
Tribunjambi/Zulkifli
Varial Adhi Putra, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. 

Dinas Pendidikan Ungkap Penyebab Dana Sertifikasi Guru di Jambi Belum Cair, BPK Disebut-sebut

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Hingga November 2019 ini, dana sertifikasi guru triwulan ke tiga yang berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, belum kunjung cair. Ada sejumlah kendala yang dihadapi, sehingga dana sertifikasi tersebut belum juga cair.

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra ketika dikonfirmasi mengatakan memang belum bisa dicairkan. Karena pada awalnya dana sertifikasi tersebut dicairkan melalui rekening BRI Cabang Jambi. Namun, karena Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) penyaluran selanjutnya harus melalui Bank Jambi.

“Maka saat ini kita akan menandatangani dulu MoU antara Disdik Provinsi dengan Bank Jambi,” katanya.

SEA Games 2019 LAGA Timnas Indonesia U23 Vs Vietnam, Bek Vietnam Sesumbar Jebol Jala Indonesia

13 Atlet Jambi Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games Manila Filipina

Cara Mudah Detoks Tubuh di Pagi Hari, Cukup Konsumsi 5 Jenis Buah Segar Ini, Gak Harus Mahal Kok!

Selanjutnya, lanjut Varial, pihaknya juga sudah memproses penerbitan cek di Bank Jambi untuk mentransfer dana sertifikasi tersebut. “Sementara proses pengajuannya, saat ini sudah terbit SP2D dari Bakeuda,” katanya.

Senada dengan itu, Arsil, Kasi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengatakan perubahan bank penyalur pencairan dana sertifikasi tersebut memang rekomendasi dari BPK. Sehingga pihaknya harus menginput satu persatu nomor rekening para guru penerima sertifikasi.

“Karena pergantian rekening, tentu harus diinput kembali satu persatu nomor rekening para guru. Total penerima sertifikasi yang berada di bawah wewenang Disdik Provinsi Jambi ini ada lebih dari 3.600 guru. Mudah-mudahan bisa cepat kelar,” paparnya.

Sementara itu, selain persoalan pergantian rekening, pihaknya juga harus menunggu SK pergantian Pengguna Anggaran (PA) di Disdik. Sebab, baru-baru ini terjadi pergantian Kepala Dinas Pendidikan yang sejatinya menjadi PA di dinas tersebut. Padahal, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi sudah turun.

“Tidak bisa langsung cair, karena PA kan berganti. Kita tunggu SK Gubernur dulu terkait dengan pergantian PA ini. Sementara untuk triwulan ke empat, kemungkinan nanti di minggu ketiga bulan Desember cairnya,” tandasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved