Cegah Low Back Pain dengan Tahu Penyebabnya, Begini Penjelasan dr Frans

Dalam dunia kedokteran nyeri pada pinggang biasa disebut Low Back Pain (LBP).

Cegah Low Back Pain dengan Tahu Penyebabnya, Begini Penjelasan dr Frans
Tribunjambi/Fitri Amalia
Beberapa penanganan dan terapi untuk LBP. 

Cegah Low Back Pain dengan Tahu Penyebabnya, Begini Penjelasan dr Frans

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebagian dari kita pasti pernah merasakan nyeri pada pinggang. Dalam dunia kedokteran nyeri pada pinggang biasa disebut Low Back Pain (LBP).

Low Back Pain adalah nyeri pada area punggung bawah dan biasanya disebabkan karena cidera otot atau keselo.

dr. Frans Ferdinansyah, Sp, KFR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Siloam Hospitals Jambi menjelaskan, banyak penyebab yang bisa membuat nyeri pada area pinggang. Karena bawaan dari lahir atau kelainan pada tulang belakang, penyakit tertentu seperti cancer dan penyakit lainnya, dan patah tulang pinggang bawah atau karena mekanik yang biasa disebut Simple LBP dapat menjadi penyebab LBP.

"Simple LBP terjadi akibat postur dan posisi yang salah, Simple LBP ini menduduki peringkat pertama penyebab LBP," ujarnya.

Baca: Jangan Pandang Remeh Keluhan Nyeri Punggung Anda

Baca: Peringati Hari Pelanggan, BNI Syariah Jambi Berikan Kejutan ke Nasabah

Baca: Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Tebo Jambi, BKSDA Sebut yang Kedua

Baca: Wabup Amir Sakib Sebut Jambore Kader PKK Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Baca: Suami Terdakwa Rosmini Mengaku Tak Tahu Istrinya Pakai Narkoba

LBP terjadi dikarenakan kita sering melupakan memposisikan tubuh dengan tepat saat beraktivitas sehari hari, di antaranya posisi tubuh yang salah duduk agak mencondong kedepan, duduk membungkuk dan lainnya. Seandainya hal tersebut terjadi berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan bulan akan terakumulasi menjadi postur yang tidak tepat, sehingga menjadi penyebab LBP.

"Penyebab yang lain, kita juga sering lupa dengan posisi kita bekerja dan beraktivitas mengangkat beban, kita seringkali mengangkat beban dari posisi membungkuk, jika kita mengangkat beban pada posisi tersebut pada saat mengangkat ke atas, tenaga tekanan terbesar ada di area pinggang bawah yang akan mengakibatkan trauma pada area tersebut yang justru akan menyebabkan cedera," jelasnya.

Penyebab LBP lainnya posisi berdiri yang tidak tepat dan pengguna sepatu berhak tinggi bagi wanita. Sepatu hak tinggi menyebabkan lutut kita melengkung ke depan yang membuat area bokong terangkat ke atas dan diikuti tulang belakang yang menjadi lebih melengkung. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit pinggang dalam jangka waktu yang lama.

dr.Frans mengatakan, umumnya penderita LBP banyak dari usia dewasa dan dewasa dan dewasa tua, kisaran usia 30 sampai 50 tahun. Penderita LBP sering terjadi pada lelaki, karena aktivitas fisik yang banyak dilakukan oleh laki-laki menjadi faktornya.

Ia menyarankan, sebelum penanganan, baiknya penderita LBP menelusuri apa penyebabnya sehingga dapat diobati secara tepat.

Halaman
12
Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved