Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Tebo Jambi, BKSDA Sebut yang Kedua

Seekor gajah Sumatera (wlephas maximus sumatranus) kembali ditemukan mati di Desa Suo-suo Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Tebo Jambi, BKSDA Sebut yang Kedua
Tribunjambi/Mareza
Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh. 

Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Tebo Jambi, BKSDA Sebut yang Kedua 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA TEBO - Seekor gajah Sumatera (wlephas maximus sumatranus) kembali ditemukan mati di Desa Suo-suo Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo. Informasi yang Tribunjambi.com himpun, gajah tersebut berjenis kelamin betina dan ditemukan pada Kamis (22/8/2019) lalu.

Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh saat dikonfirmasi membenarkan adanya kematian gajah tersebut. Dia bilang, saat ini pihaknya tengah menunggu hasil nekropsi.

"Kemarin kita ada menemukan gajah mati. Itu sudah dilakukan nerkropsi dan kita sudah kirim ke Balitbang Bukittinggi. Kita menunggu hasil itu," katanya.

Dia mengatakan, nekropsi itu dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian gajah tersebut. "Kalaupun di situ ada indikasi akibat ulah manusia, itu akan diproses secara hukum," jelasnya.

Baca: Suami Terdakwa Rosmini Mengaku Tak Tahu Istrinya Pakai Narkoba

Baca: Sidang Perkara Pembunuhan Kades Dusun Sekampil, Jaksa Hadirkan Anak dan Keponakan Korban

Baca: 76 Kali Kebakaran Lahan Terjadi di Kota Jambi, Daerah Perbatasan Muarojambi Paling Banyak

Baca: Kala Hutan di Muarojambi Mulai Hilang Terbakar

Dia mengatakan, gajah betina itu berusia sekitar 10 tahun dan tidak dalam keadaan mengandung. Lebih lanjut, dia mengakui ini kali kedua kasus kematian gajah yang terjadi di Tebo.

Sebelumnya, seekor gajah juga ditemukan mati pada Rabu (8/5/2019) lalu. Gajah itu juga berjenis kelamin betina dan ditemukan mati di Desa Semambu, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Rahmad menduga, berkurangnya wilayah habitat gajah menjadi tantangan utama dalam upaya konservasi gajah tersebut.

“Semakin berkurangnya wilayah habitat gajah adalah satu tantangan utama upaya konservasi gajah di Indonesia,” tutupnya.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved