Pendaftaran Bacaleg

Beberapa Partai Tetap Pertahankan Bacaleg Mantan Napi. Ini Rinciannya

Beberapa partai memilih mempertahankan caleg mantan terpidana kasus korupsi. Partai lain memilih mencoret dan mengganti

Beberapa Partai Tetap Pertahankan Bacaleg Mantan Napi. Ini Rinciannya
TRIBUN JAMBI/HANIF BURHANI
Suasana di Kantor KPU Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beberapa partai memilih mempertahankan caleg mantan terpidana kasus korupsi. Partai lain memilih mencoret dan mengganti bacaleg bersangkutan dengan yang lain.

Beberapa partai politik peserta pemilu 2019 di Provinsi Jambi mempertahankan daftar caleg mereka yang merupakan mantan napi korupsi. Ada beberapa partai yang sebelumnya mencantumkan bacaleg dari mantan napi korupsi. Seperti, PKB, Demokrat, Berkarya, PBB, Golkar dan PAN.

Baca: Wali Kota Pimpin Upacara HUT ke-44 PDAM Tirta Mayang

Untuk bakal caleg mantan napi korupsi yang didaftarkan masing-masing partai antara lain, Idham Kholid dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syahrassadin partai Golongan Karya (Golkar), Ridwan dari partai Berkarya, A Mukti Saari dari partai Berkarya, Mangara Haka dari partai Berkarya, H.A Fattah dari Partai Amanat Nasional (PAN), A. Harris AB dari partai Demokrat, Irmanto S dari partai Demokrat, Evi Suryadi dari partai Hanura dan Nasrullah Hamka dari Partai Bulan Bintang (PBB).

Husaini, Sekretaris DPW PAN Provinsi ketika dikonfirmasi di Kantor KPU saat menyerahkan perbaikan berkas pencalegan partainya mengatakan bahwa mereka tetap mempertahankan nama H.A Fattah dalam daftar caleg mereka. Keinginan tersebut diakuinya merupakan keinginan dari partai untuk mempertahankan nama A. Fattah.

“Nama A. Fattah tetap kami masukkan. Itu merupakan keinginan partai,” ungkap Husaini, Selasa (31/7).

Husaini mengungkapkan alasan partainya mempertahankan nama A. Fattah mantan Bupati Batanghari tersebut. Pihak partai terlebih dulu sudah mempelajari kasus tersebut. Mereka akan menyengketakan bila nama A. Fattah tetap dicoret oleh KPU.

Baca: Hingga Pukul 17.00, Baru 4 Parpol Serahkan Perbaiakan Berkas Bacaleg

Baca: Konflik 2 Desa di Kerinci - Polisi Amankan Pelaku Pembacokan Pemicu Bentrok

Maka dari itu, pihaknya tetap mengajukan nama tersebut sampai ditetapkan masuk dalam daftar caleg tetap (DCT).

“Kami secara internal sudah membahas sampai panjang persoalan PKPU tersebut. Ada beberapa celah yang mungkin untuk melakukan sengketa. Tetapi kami memilih menunggu hasil dari MA,” ujar Husaini.

Husaini sendiri mengaku optimis bahwa satu-satunya caleg mereka yang merupakan mantan napi korupsi ini bisa lolos. Sebab, pertimbangannya, sosok A. Fattah ini mampu memberikan suara signifikan terhadap partai. Maka, pihak partai akan pertahankan pencalonan tersebut.

Selain itu, Ambiar Usman, Ketua Partai Berkarya Provinsi Jambi mengaku tidak baik untuk partai bila tetap mempertahankan bacaleg mereka yang merupakan mantan napi korupsi. Ada tiga nama yang ikut didaftarkan sebelumnya.

Halaman
123
Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved