Server KPU Kerap Gangguan, Pendaftar Harus Menunggu

Server KPU Provinsi Jambi dalam beberapa hari ini kerap mengalami gangguan teknis. Beberapa calon DPD yang melakukan pendaftaran

Server KPU Kerap Gangguan, Pendaftar Harus Menunggu
tribunjambi/andika arnoldy
Hari terakhir penyerahan dukungan calon anggota DPD RI, ke KPU Provinsi Jambi, tercatat baru 9 bakal calon yang sudah menyerahkan dukungan berbentuk KTP, Kamis (26/4). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Server KPU Provinsi Jambi dalam beberapa hari ini kerap mengalami gangguan teknis. Beberapa calon DPD yang melakukan pendaftaran ke KPU terhambat karena kejadian tersebut.

Dalam dua hari sejak dibukanya pendaftaran calon DPD RI, server KPU Provinsi Jambi kerap mengalami gangguan teknis.

Bahkan kemarin (10/7) gangguan server terjadi dari jam 09.00-14.00 WIB. Akibat kejadian tersebut, Calon DPD RI yang melakukan pendaftaran yakni, M Hendri M Nur SH harus menunggu beberapa lama sampai akhirnya server bisa diakses kembali.

Baca: Sinsen Gelar National Honda Roadventure

Ketergantungan pendaftaran DPD RI ini dengan server karena data pendaftaran mereka pada saat itu juga langsung diinput ke server oleh petugas KPU. Sehingga bila gangguan server, maka input data pendaftar akan ikut terganggu. Namun, Komisioner KPU, Sanusi Zein mengatakan bahwa hal itu biasa terjadi dan masih bisa diatasi oleh teknisi mereka.

"Gangguan server ini bukan masalah. Mereka yang ingin mendaftar tentu sudah pernah mengalami ini sebelumnya dan cukup mengerti. Kami juga memiliki teknisi yang mampu mengatasi ini," ungkap Sanusi Zein, Selasa (10/11).

Sanusi mengatakan bahwa bagi para calon DPD tentu sudah mengerti kondisi gangguan ini. Sebab, ketika memasukan dukungan sebelumnya mereka juga sudah mengalami hal serupa. Kenyataannya, mereka masih bisa melakukan input data dukungan. Dan kini dirinya juga yakin, bahwa meski terjadi gangguan pada server, dirinya yakin di KPU pusat memiliki juga teknisi yang mampu mengatasi persoalan tersebut.

Baca: Pemain Saham Tertinggi Berasal dari Kota Jambi, Jumlah Transaksi Capai Rp 114 Miliar

Baca: Kenapa Zola Disidang di Jakarta? Begini Penjelasan Humas PN Jambi

"Kita sendiri tidak mengerti itu disebabkan apa. Maintanance atau jaringan. Tetapi nanti akan kembali normal," ungkapnya.
M Hendri M Nur sendiri ketika ditemui Tribun di KPU Provinsi mengatakan bahwa dirinya hanya bisa menunggu. Sebab, proses penginputan dana pendaftaran dirinya bergantung kepada hal itu. Untuk mengisi kekosongan waktu, dirinya hanya bisa berjalan-jalan mondar-mandir di kantor KPU sampai server kembali normal.

Pantauan Tribun, ada beberapa data yang mesti diakses pada server KPU yakni mengenai kelengkapan dokumen pendaftaran para calon. Kelengkapan itu nantinya akan dicontreng pada aplikasi yang ada. Namun, karena gangguan tersebut, sistem aplikasi yang ingin digunakan tersebut tidak menampilkan aplikasi yang diinginkan. Sehingga, input data pendaftar tidak bisa dilakukan.

Baca: Zumi Zola Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Kasus Suap Pengesahan APBD 2018

Baca: Pinjam Motor Alasan Pergi Kerja, Warga Tangkit Ini Malah Gadaikan Rp 2 Juta. Begini Selanjutnya

Baca: Kadishub Imbau Warga Tak Usah Bayar Parkir Jika Tak Diberikan Karcis

Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help