Breaking News:

Kebakaran Pasar Bangko

Pascakebakaran, Nasib Pedagang di Pasar Bangko Tergantung Bisa Pakai Lokasi Lama atau Tidak

Berita Merangin-Pedagang yang kiosnya terbakar di Bangko mengharapkan kejelasan dari pemerintah daerah atau dinas terkait terkait tempat

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Nani Rachmaini
DARWIN SIJABAT/TRIBUNJAMBI
Warga mengumpulkan barang bekas kebakaran seperti paku dan lainnya untuk dijual, Kamis (2/9/2021) 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Pedagang yang kiosnya terbakar di Bangko mengharapkan kejelasan dari pemerintah daerah atau dinas terkait terkait tempat atau lokasi berjualan kembali.

Pedagang di lokasi eks kebakaran belum mendapatkan kepastian untuk menggunakan lokasi lama atau direlokasi untuk segera berjualan. Sebab dengan kebutuhan sehari hari terjadi pengeluaran.

Dengan mata pencaharian sebagai pedagang, maka tidak berjualan tidak akan berpenghasilan.

"Apakah lokasi ini (eks kebakaran) bisa dibangun ulang atau tidak, kalau memang bisa kami guyur-guyur membangunnya," ujarnya Toni, pedagang yang menjadi korban kebakaran, Kamis (2/9/2021).

Hingga saat ini belum ada gambaran dari pemerintah atau dinas terkait untuk merelokasi pedagang atau penggunaan lokasi lama untuk berdagang.

Disebutkannya ada perwakilan pedagang yang meminta mengumpulkan KTP dan KK, namun dia tidak mengetahui secara pasti peruntukannya.

"Ada perwakilan pedagang minta fotokopi kartu keluarga dan KTP untuk dikumpulkan, cuman nggak tau untuk apa pastinya," kata pedagang yang mengalami kerugian sekitar Rp 80 juta itu.

Menurut pedagang yang berjualan sejak 2006 di lokasi itu bahwa pada dasarnya para pedagang turut dengan kehendak pemerintah, baik dipindahkan atau tempat lama digunakan kembali.

Pedagang itu juga mendapatkan kabar akan direlokasi ke Pasar Rakyat Type A Kota Bangko.

Namun menurut para pedagang, pasar tersebut tidak sesuai, lantaran harus menyesuaikan dan tempat yang kurang memadai.

Diberitakan sebelumnya, puluhan kios di Ujung Tanjung, Kelurahan Pasar Bangko, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin habis dilahap si jago merah.

Kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 4.00 WIB dengan total kerugian pedagang diperkirakan mencapai miliaran Rupiah.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran tersebut belum diketahui secara pasti. Namun pihak Kepolisian Resor Merangin sedang melakukan penyelidikan dan identifikasi terkait penyebabnya.

Dari keterangan warga yang didapatkan Tribunjambi.com, api awalnya muncul dari bagian belakang rumah kios yang berada ditengah.

Dengan kondisi bangunan yang terbuat dari kayu menyebabkan api dengan cepat membesar dan menyambar sekelilingnya. Tidak ada korban jiwa atas musibah tersebut. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: Kisah Pilu Pedagang di Pasar Bangko, Uda Tercenung Lima Pendingin dan Dagangan Hangus Terbakar

Baca juga: Kebakaran Merangin, Sekitar 80 Persen Barang Pedagang di Puluhan Kios Depan Bank Jambi Hangus

Baca juga: Polres Merangin Selidiki Penyebab Kebakaran Puluhan Kios Pedagang di Depan Kantor Bank Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved