Breaking News:

Kopassus

5 Danjen Kopassus dengan Kisah Heroiknya, Mulai Tumpas Perompak hingga Basmi Teroris di Thailand

Kopassus yang dikenal memiliki kemampuan khusus bergerak cepat di segala medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

http://kopassus.mil.id
Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han), menutup secara resmi pendidikan komando angkatan 103. Penutupan ditandai dengan pemberian ijazah kelulusan kepada perwakilan peserta didik yang berhasil meraih sangkur perak dalam sebuah upacara di Pantai Permisan Kab. Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/8). 

TRIBUNJAMBI.COM - Kisah Kopassus kala masuk bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yailiki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia.

Kopassus yang dikenal memiliki kemampuan khusus bergerak cepat di segala medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Tugas dari Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya ialah Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Melansir dari Wikipedia, Tugas Kopasus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Pasukan Kopassus
Pasukan Kopassus (kolase/tribunjambi.com)

Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

Pada tanggal 16 April 1952, Kolonel A.E. Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT).

Ide pembentukan kesatuan komando ini berasal dari pengalamannya menumpas gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku. Saat itu A.E.

Kawilarang bersama Letkol Slamet Riyadi (Brigjen Anumerta) merasa kesulitan menghadapi pasukan komando RMS. A.E. Kawilarang bercita-cita untuk mendirikan pasukan komando yang dapat bergerak tangkas dan cepat.

Selama terbentuk telah mengalami 31 pergantian pucuk kepemimpinan mulai dari dipimpin seorang Mayor hingga kini dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat Mayjen atau Jenderal bintang dua.

Baca juga: KISAH Mertua KSAD Andika Perkasa Kala Jadi Prajurit Kopassus, Lawan Musuh di Atas Sarang Kobra

Baca juga: KALA Kopassus Duel Lawan SAS Inggris di Hutan Kalimantan, Siapa yang Menang? Intip Kisahnya

Baca juga: INILAH Mantan Ajudan Jokowi yang Kini Jadi Wadanjen Kopassus, Simak Profil Kolonel Inf Deddy Suryadi

Komandan Kopassus dikenal juga dengan sebutan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved