Citizen Journalism

Meneladani Sikap Nabi Muhammad SAW Dengan Penuh Kesyukuran, Halal dan Beristiqamah

Kata syukur dengan berbagai bentuknya disebut dalam Alquran sebanyak 44 kali. Syukur terdiri dari 3 hal yaitu : ilmu, kondisi batin, dan amal ...

Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Ilustrasi membaca Alquran 

*oleh Eka Oktariani, Fatika Elmani .P, Ainanya Alfatiha

Penuh Kesyukuran

Kata syukur berasal dari bahasa Arab sya-ka-ra. Dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI) syukur diartikan sebagai: (1) rasa terimakasih kepada Allah, (2) untunglah (menyatakan lega, senang, dan sebagainya).

Kata syukur dengan berbagai bentuknya disebut dalam Alquran sebanyak 44 kali. Syukur terdiri dari 3 hal yaitu : ilmu, kondisi batin, dan amal perbuatan.

Pada prinsipnya syukur hanya kepada Allah Beberapa ayat Alquran memerintahkan untuk bersyukur kepada Allah setelah menyebut nikmat dan karunia-Nya kepada manusia. Misalnya firman Allah : "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah [2]:152)

Tak Tersorot Kamera, Menhan Prabowo Diam-diam Lakukan Ini saat Wabah COVID-19 Landa Indonesia

Respon Ashanty saat Aurel Hermansyah Minta Nikah Muda, Singgung Keluarga Atta Halilintar,Belum Siap?

Selain ODP dan PDP, Ada Kategori Baru Ciri-ciri Orang Terkena Virus Corona Tanpa Gejala Atau OTG

Syukur yang dilakukan dengan benar akan menyebabkan bertambahnya nikmat. Syukur yang benar meliputi syukur dengan hati, lisan, dan perbuatan.

Syukur dengan perbuatan artinya memanfaatkan potensi nikmat yang diberikan Allah seoptimal mungkin. Dengan pemanfaatan nikmat berupa sumber-sumber daya yang ada seperti sumberdaya alam, waktu, peluang, dan sebagainya

Bersyukur atau berterimakasih kepada manusia dapat dilakukan dengan membalas kebaikannya minimal seimbang dengan kebaikan yang telah dia lakukan, seperti yang dikatakan Rasulullah , "Apabila ada yang berbuat kebaikan kepada kalian, maka balaslah! Apabilakamu tidak bisa membalasnya, maka berdoalah untuknya sampai kalian tahu, bahwa kalian sudah membalasnya dengan seimbang.".

Pada dasarnya setiap manusia senang menerima balasan atas kebaikan yang telah diberikannya. Setiap manusia juga senang kalau ada orang yang berterimakasih kepadanya. Oleh karena itu, alangkah bijaknya kalau kita lebih sering mengungkapkan rasa terimakasih kepada setiap orang yang telah berbuat baik kepada kita, sekecil apa pun kebaikan yang mereka berikan.

Rasa terimakasih ini akan mempererat hubungan antar sesama manusia dan menghilangkan sifat-sifat negatif seperti berburuk sangka, tidak peduli, tidak berempati dengan orang lain, dan sebagainya.

Halaman
1234
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved