Virus Corona di Jambi

Pemkab Muarojambi Pangkas Biaya Perjalanan Dinas untuk Menangani Covid-19, Ini Kata Sekda M Fadhil

Ia juga mengatakan anggaran yang diumumkan beberapa waktu lalu, khusus untuk penanganan bencana virus corona di Muarojambi terutama terkait bidang...

Tribunjambi/Hasbi
Konfrensi pers disampaikan oleh Sekda Muarojambi M Fadhil Arief di ruang kerjanya, Senin (30/3/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Saat ini Pemkab Muarojambi sedang menghitung realokasi anggaran untuk meningkatkan penanganan atau mengatasi Covid-19.

Terkait hal ini Sekda Muarojambi M Fadhil Arief saat dikonfirmasi via WhatsApp Kamis (2/4/2020) mengatakan, pihak TPAD Muarojambi saat ini sedang menghitung kemampuan dan relokasi anggaran untuk menangani dampak bencana nasional non-alam Covid-19

"Sekarang kami menghitung kemampuan dan relokasi anggaran untuk menangani dampak sosial dan ekonomi dari wabah Covid-19," katanya.

VIDEO Sri Mulyani Incar Pajak untuk Zoom dan Netflix karena Banyak Diakses Selama WFH

Perkembangan Virus Covid-19 di Tanjung Jabung Timur, Data OTG 199 Orang

Cegah Corona, Wilayah Perbatasan Sarolangun Diperketat, Setiap Pengendara Dicek Kesehatannya

Ia juga mengatakan anggaran yang diumumkan beberapa waktu lalu, khusus untuk penanganan bencana virus corona di Muarojambi terutama terkait bidang kesehatan dan pencegahan.

"Saat ini kami merumuskan refocusing anggaran terkait Covid-19, karena setelah membaca Perppu kita juga harus sesuaikan dengan instrumen atau petunjuk regulasi yang diamanahkan oleh pemerintah pusat kepada daerah," sebut Fadhil.

Terkait hal ini, Tribunjambi.com juga sempat menanyakan soal apakah anggaran karhutla juga ikut direlokasikan untuk penanganan Covid-19.

Ia menyebutkan dana karhutla tetap mereka cadangkan.

"Karena kita harus melakukan tindakan preventif dan antisipasi agar bencana karhutla tidak terulang lagi, jangan sampai kita menangani satu bencana tetapi membiarkan bencana lain terulang seperti karhutla," tuturnya.

Seterusnya, ia juga menyampaikan terkait anggaran pejalanan dinas juga ikut dipangkas untuk dialokasikan menangani virus corona di Muarojambi.

"Iya kita pangkas biaya perjalanan dinas, biaya makan, minum, rapat dan kegiatan lain yang mungkin tidak terserap, serta efisiensi belanja yang terganggu penyerapannya dengan adanya wabah ini," jelasnya.

Ia juga mengatakan terkait akan membantu subsidi pangan untuk masyarakat, ia akan menyesuaikan dengan regulasi atau instrumen pemerintah pusat.

"Jangan sampai tumpang tindih apabila pemerintah pusat menganggarkan bantuan seperti itu juga" tutupnya.

(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved