Berita Tanjabtim

Pelaku Usaha di Tanjabtim Banyak Belum Lengkapi Izin Usaha, Ini Kata DPMPTSP

Lebih lanjut dikatakannya pula, bagi pelaku usaha sendiri biasanya mereka yang telah memiliki izin usaha ataupun lainnya akan menempelkan dokumen...

tribunjambi/Abdullah Usman
Kabid Pelayanan DPMPTSP Livia Zulfina. 

Pelaku Usaha di Tanjabtim Banyak Belum Lengkapi Izin Usaha, Ini Kata DPMPTSP

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Di Tanjabtim masih banyak dijumpai pelaku usaha maupun pengepul tidak mengurus izin usaha dan perdagangan mereka, melalui perizinan online diharapkan pelaku usaha lebih tertib, Kamis (12/3/2020)

Selain pertanian dan perkebunan, masyarakat Tanjabtim banyak menggeluti aneka ragam usaha, baik usaha industri maupun perdagangan.

Namun banyak pula dari pelaku usaha tersebut tidak mengurus izin usaha mereka.

"Kebanyakan itu bukan tidak mau, melainkan kurangnya pemahaman mereka terkait izin usaha tersebut," ujar Kabid Pelayanan DPMPTSP Livia Zulfina.

Lebih lanjut dikatakannya pula, bagi pelaku usaha sendiri biasanya mereka yang telah memiliki izin usaha ataupun lainnya akan menempelkan dokumen mereka tersebut di sebuah papan atau plang merek usaha mereka sendiri.

Perampok di Muara Bungo Sempat Lepaskan Tembakan, Begini Kronologis Dari Polisi

Tradisi di Perayaan Hari Raya Nyepi - Mebuug-buugan, Perang Api, Omed-omedan hingga Pawai Ogoh-ogoh

Penyebab & Cara Mengobati Panu dengan Bahan Alami, Bawang Putih hingga Minyak Kelapa

"Karena secara aturannya yang namanya usaha itu wajib ada izinnya," tambahnya.

Ketika disinggung banyak tidaknya pelaku usaha yang belum mengantongi izin, dirinya tidak bisa menjelaskan secara gamblang mengingat untuk dapat mengetahui hal tersebut harus melihat data perizinanan.

"Yang jelas kita sudah memiliki aturan tinggal saja pemerintah kecamatan dan desa bagaimana menyampaikan aturan tersebut ke masyarakatnya," jelasnya.

Saat ini terkait perizinan jauh lebih mudah, dimana pelaku usaha dapat mengurus izin melalui Online Single Submission (OSS). Dalam pengurusan izin ini pengusaha tidak harus mendatangi kantor.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved