Bahanya Menikah Muda, DPPKB Kota Jambi Sebarkan Pusat Informasi Konseling Remaja

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) terus dikembangkan di setiap sekolah yang tersebar di Kota Jambi.

Bahanya Menikah Muda, DPPKB Kota Jambi Sebarkan Pusat Informasi Konseling Remaja
Tribunjambi/Rohmayana
Rasyid Ridho selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi. 

Bahanya Menikah Muda, DPPKB Kota Jambi Sebarkan Pusat Informasi Konseling Remaja

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) terus dikembangkan di setiap sekolah yang tersebar di Kota Jambi. Hal ini dikatakan Rasyid Ridho selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi.

PIK-R ini sendiri merupakan salah satu pemahaman kepada remaja putri akan bahaya dan resiko menikah di di bawah usia 21 tahun.

"Program PIK-R ini telah berjalan selama beberapa tahun, dan di setiap sekolah SMA sederajat ada kader PIK-R, dan idealnya setiap desa juga terdapat kader PIK-R." ungkap Rasyid Ridho.

Selain itu dikatakannya juga, PIK-R jalur sekolah sangat penting, guna menampung permasalahan kegalauan para remaja dan mengarahkan mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif. Setidaknya, hingga saat ini pihaknya memilik 59 kader PIK-R yang tersebar di 11 Kecamatan dan sekolah yang ada di Kota Jambi.

Baca: Supir Angkot di Jambi Dilarang Makan dan Merokok Saat Mengemudi

Baca: MTQ ke 50 Kota Jambi, Pemkot Hadirkan Dewan Hakim Tingkat Internasional

Baca: Asad Isma Mita Masyarakat Selektif Dalam Memilih, Ada Bakal Cagub Berpotensi Tersandung Kasus Hukum

“Akan tetapi saat ini tidak di semua sekolah dan desa tedapat kader PIK-R. Saat ini desa yang memiliki kader PIK-R hanya desa yang menjalankan program Kampung KB.” jelasnya.

Ia mengatakan, PIK-R merupakan wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola oleh remaja atau pelajar sekolah guna memberikan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

“PIK-R dapat dijadikan komunitas remaja di sekolah dan diharapkan menjadi kegiatan pengembangan inovasi dan kreatifitas siswa,” timpalnya.

Selain itu, pembinaan terhadap PIK-R di Kota Jambi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi guru bimbingan konseling, pendidik sebaya dan konselor sebaya, dalam melaksanakan konseling bagi remaja di sekolah.

“Ini juga untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan tentang PIK-R jalur sekolah dan meningkatkan keaktifan bagi sekolah yang belum melaksanakan PIK-R,” pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved