Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan, Lakukan 8 Latihan Ini

- Selain diet, olahraga adalah salah satu strategi paling umum yang digunakan oleh mereka yang mencoba mengurangi berat badan.

Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan, Lakukan 8 Latihan Ini
Shutterstock
Ilustrasi joging. 

Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan, Lakukan 8 Latihan Ini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selain diet, olahraga adalah salah satu strategi paling umum yang digunakan oleh mereka yang mencoba mengurangi berat badan. Hal ini dapat membakar kalori dan memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga telah dikaitkan dengan banyak manfaat lainnya termasuk peningkatan suasana hati, tulang yang lebih kuat dan pengurangan resiko banyak penyakit kronis.

Dosen FIK Universitas Jambi, Endarman Saputra menjelaskan jika tujuan latihan adalah untuk penurunan berat badan maka latihan beban terlebih dahulu adalah pilihan terbaik. Dalam menurunkan berat badan dan terutama lemak mengangkat beban biasanya dianggap lebih efektif daripada kardio. Jadi masuk akal untuk melakukannya terlebih dahulu jika anda memiliki energi paling banyak.

"Delapan latihan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan yaitu berjalan, joging, bersepeda, latihan beban, latihan interval, berenang, yoga dan pilates," ungkapnya.

Baca: Ini Manfaat Aktivitas Fisik Secara Teratur, Kurangi Risiko Kanker dan Jantung

Baca: Bangun Fasilitas Publik, Pemkot Jambi Siapkan 8,4 Miliar untuk Pembebasan Lahan

Baca: Pasca Gempa Ambon, Warga Masih Bertahan di Hutan dan Bukit, Warga ; Rumah Kami Hancur Semua

Baca: TEKA-TEKI Penangkapan Dandhy Dwi Laksono, Benarkah Pelapornya Merupakan Anggota Polri?

Berjalan, untuk memulai usahakan berjalan selama 30 menit 3 sampai 4 kali seminggu. Anda dapat secara bertahap meningkatkan durasi atau frekuensi berjalan saat anda menjadi lebih bugar.

Jogging, baik jogging atau berlari adalah latihan hebat yang bisa dilakukan dimana saja dan mudah melakukannya dalam rutinitas mingguan cobalah jogging selama 20 sampai 30 menit 3 sampai 4 kali per minggu.

Bersepeda, tidak hanya bagus menurunkan berat badan tetapi jika bersepeda secara teratur juga akan memiliki kebugaran seluruhan yang lebih baik, peningkatan sensitivitas insulin dan resiko penyakit jantung, kanker dan kematian lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak bersepeda dengan teratur.

Pelatihan beban, sebuah studi menemukan bahwa 24 minggu latihan beban menyebabkan peningkatan 9% dalam tingkat metabolisme di kalangan pria yang setara dengan membakar stiker sekitar 140 kalori lebih banyak perhari di antara wanita peningkatan laju metabolisme hampir 4% atau 50 lebih banyak kalori per hari.

Latihan interval, lebih dikenal interval intensitas tinggi adalah istilah yang mengacu ledakan singkat latihan intens yang bergantian dengan periode pemilihan. Misalnya mengayuh sekuat mungkin pada sepeda selama 30 detik diikuti dengan mengayuh dengan lambat 1 sampai 2 menit kurangi pola ini selama 10 sampai 30 menit.

Berenang, keuntungan dari berenang sifatnya berdampak rendah yang berarti lebih udah pada persendian ini menjadikan tulisan bagus bagi orang yang mengalami cedera atau nyeri sendi.

Baca: TERUNGKAP Firasat Hanung Bramantyo 3 Hari Sebelum Bj Habibie Meninggal, Zaskia Adya Mecca Mengaku

Baca: Tumbuhkan Rasa Percaya Diri lewat Storytelling

Baca: Mengejutkan! Peneliti Temukan Bahaya di Kantong Teh Celup, Sayangi Tubuh Ini Tips Sehat Menyeduh Teh

Baca: Nabila Ingin Mersakan Hidup Mandiri dengan Kuliah di Luar Jambi

Yoga, selain membakar kalori penelitian telah menunjukkan bahwa gaya dapat mengajarkan waspada angin dapat membantu anda melawan makanan yang tidak sehat mengontrol makan berlebih dan lebih menemani sinyal kelaparan tubuh anda.

Pilates, pilates terbukti mengurangi rasa sakit punggung bagian bawah dan meningkatkan kekuatan keseimbangan fleksibilitas daya tahan dan tingkat kebugaran keseluruhan.

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved