Lulus Seleksi Al Azhar Tapi Tak Punya Uang, Niat Anak Jambi Kuliah di Mesir Terancam Pupus

Langkah Zainaba Jumrinata untuk kuliah di Kairo harus tersendat karena persoalan keuangan yang dialami keluarganya.

Lulus Seleksi Al Azhar Tapi Tak Punya Uang, Niat Anak Jambi Kuliah di Mesir Terancam Pupus
Tribunjambi/Samsul Bahri
Niat Zainaba Jumrinata untuk kuliah di Kairo harus tersendat karena persoalan keuangan yang dialami keluarganya. 

Lulus Seleksi Al Azhar Tapi Tak Punya Uang, Niat Anak Jambi Kuliah di Mesir Terancam Pupus

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Langkah Zainaba Jumrinata untuk kuliah di Kairo harus tersendat karena persoalan keuangan yang dialami keluarganya. Anak pertama dari pasangan Bukhori dan Rahima warga Desa Sekernan Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi merupakan salah satu anak yang beruntung karena telah dinyatakan lulus untuk menjadi salah mahasiswa Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir.

Bukhori mengatakan, anaknya lulus setelah menjalani serangkaian tes yang dibuka secara resmi oleh Kementrian Agama RI dengan seleksi secara nasional. Salah satu tesnya adalah harus hafal Quran 30 Juz.

"Alhamdulillah anak saya lulus dengan menduduki peringkat ke 188 dari kuota yang disediakan sebanyak 1.000 orang untuk Indonesia," ucap Bukhori Rabu (14/8).

Perjalanan untuk mengikuti tes tersebut tidaklah mudah. Kata Bukhori usai lulus dari Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islami di Desa Sungai Terap, Kecamatan Kumpeh Ulu. Zainaba kemudian mengikuti bimbingan di Pondok Pesantren Mumtaza di Bojonegoro untuk mendalami bahasa arab dan menghafal Alquran 30 juz yang memang merupakan syarat mutlak lulus Universitas Al-Azhar.

Baca: Diduga Gangguan Jiwa, Hamsah Tega Bacok Istrinya hingga Tewas, Kini Masih Berkeliaran Bawa Parang

Baca: Kursi Wakil Ketua Dewan Milik Demokrat untuk Burhanuddin Mahir

Baca: Karena Kabut Asap, Lomba 17 Agustus di Kota Jambi Terancam Ditunda

Baca: Ini 10 Penyakit Paling Banyak Serang Warga Bungo, 20 Ribu Orang Terserang ISPA

Baca: Miris, Tak Hanya Tulang, Warga Tebo Temukan Ini di Dalam Perut Buaya Senyulong Berusia 30 Tahun

"Lebih kurang empat bulan lah dia di sana. Kalo habisnyo sekitar Rp 15 jutaan. Ke ponpes itu karena saran dari guru yang di Ponpes tempat dio belajar. Alhamdulillah lah dari di Ponpes tu kan hafal 30 juz Alquran," terangnya.

Untuk masuk mengikuti tes tersebut, Zainaba harus bersaing dengan 3.000 peserta lainnya yang juga memiliki tekad yang sama untuk kuliah di perguruan tinggi ternama di Mesir tersebut. Perjuangan Zainaba untuk mengikuti tes tersebut tidak sia-sia.

Ia dinyatakan lulus untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Al Azhar tersebut. Selain itu juga banyak prestasi yang Ia raih selama ini. Zainaba pernah menjadi Juara umum di Ponpesnya sekolah, lulus Tahfidz 30 juz dan juga pernah menjadi juara pertama tafsir Bahasa Arab Putra MTQ ke-47 di Kabupaten Tanjab Timur tahun 2017 yang lalu mewakili Kabupaten Muarojambi.

Namun, langkah Zainaba untuk menginjak kaki di Universitas Al Azhar harus terbentur dengan pembiayaan. Di katakan Bukhori untuk memberangkatkan Zainaba ke Kairo harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

"Awak ni kerjo dak seberapo cuma nyadap karet. Sementara untuk biaya keberangkatan itu sampe Rp 34.4 juta. Adolah separuhnyo sudah dicicil. Tapi masih ado lagi biaya Rp 8,5 juta yang harus dibayar," keluhnya.

"Nak cari ke mano duet itu kan. Gaji sebagai imam masjid dak seberapo dan harga karet tau deweklah sekarang," sambungnya.

Ia berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Muarojambi ataupun Pemerintah Provinsi Jambi. Bukhori juga berharap ada pihak-pihak yang berniat membantu untuk meringankan bebannya.

"Kalo biaya kuliah itu memang gratis, tapi biaya hidup kan kita tanggung sendiri. Kita cuma berharap semoga lah ado yang mau bantu," harapnya.

Baca: Jembatan Sungai Batang Merao Runtuh, Warga Lubang Kerinci Kaget Dengar Suara Keras Habis Magrib

Baca: Tak Bisa Santai, Bawaslu Kota Jambi Ditagih Laporan Divisi

Baca: Dua Pelaku Pembakaran Lahan di Tanjab Timur Ditangkap, Warga Sadu Terancam 10 Tahun Penjara

Baca: Puluhan Ribu SPPT Belum Diterbitkan, BPPRD Sarolangun Segera Lakukan Kajian

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved