Dukung Program Peningkatan Inklusi Keuangan OJK, Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketiga di Jambi

PT Astra Internasional Tbk berkolaborasi dengan asuransi Astra, satu di antara lembaga Jasa Keuangan Astra Financial meresmikan Bank Wakaf Mikro.

Dukung Program Peningkatan Inklusi Keuangan OJK, Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketiga di Jambi
Tribunjambi/Fitri Amalia
Jasa Keuangan Astra Financial meresmikan Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren As'ad Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Untuk mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, PT Astra Internasional Tbk (Astra) berkolaborasi dengan asuransi Astra, satu di antara lembaga Jasa Keuangan Astra Financial meresmikan Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren As'ad Jambi.

Peresmian BWM ketiga Grup Astra langsung dilakukan oleh Ketua Dewan komisioner OJK, Wimboh Santoso beserta Direktur Astra yang dalam hal ini juga merupakan Director in Chage Astra Financial, Suparno Djasmin, didampingi CEO Asuransi Astra, Rudy Chen.

Bank Wakaf Mikro merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK, bertujuan untuk menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Terhitung hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 BWM di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Baca: 5 Parpol Tak Bisa Ikut Pemilu 2019 di Jambi, Gara-garanya Tak Laporkan Dana Awal Kampanye

Baca: Hampir Setengah Juta Surat Suara di Jambi Rusak, Bawaslu Jambi Sebut Paling Banyak di Kota Jambi

Baca: Gara-gara Beli Motor Curian, NI Harus Setahun Hidup di Penjara Bungo

Baca: Indeks Kerawanan Pemilu di Bungo Kategori Sedang, Politik Uang Jadi Perhatian Bawaslu Jambi

Baca: Dana Desa Rp 98 Miliar Tertahan di Batanghari, 110 Desa Belum Satupun Laporkan APBDes ke Bakeuda

Grup Astra memberikan dukungan penuh pendirian BWM. Melalui lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam lini bisnis Astra financial, Grup Astra berkomitmen untuk mendirikan 10 BWF sepanjang tahun 2018 hingga 2019.

Suparno Djasmin berharap, melalui program Bank Wakaf Mikro ini, kedepan dapat terus berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, mulai dari pengenalan terhadap lembaga Jasa Keuangan, karakteristik, manfaat biaya, serta resiko keuangan.

"Dengan harapan dapat membawa perubahan positif pada perilaku keuangan masyarakat, dan memberikan dampak yang luas, tentunya kami sadari bahwa keberhasilan masyarakat dapat tercapai dengan hubungan yang baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak sesuai dengan peran strategis dan kewenangan masing-masing, sehingga tidak dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sebagai pengusaha, pihaknya melihat ini kegiatan yang sangat baik dan akan terus mendukung program ini. " Program ini akan terus kita dukung dengan harapan kalo ini bisa bergulir dengan baik melalui pembiayaan mikro, kesejahteraan masyarakat meningkat otomatis meningkatkan daya beli dan ekonomi akan bergerak, ini akan baik untuk ekonomi Indonesia, kita akan terus memberikan perhatian," kata Suparno.

Berdirinya BWM Pondok Pesantren As'ad ini merupakan yang ketiga dari Astra. Sebelum meresmikan pendirian pendirian BWM Pondok Pesantren As'ad Jambi, bersama Asuransi Astra, terlebih dahulu Astra Financial telah mendirikan BWM Minhaju Thullab Banyuwangi bersama Astra Credit Companies (ACC) dan BWM Sunan Gunung Jati Semarang bersama FIF Group.

"Kami melihat konsep dari didirikannya BWM sangat sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini kami bawa, dukungan penuh akan kami berikan untuk pengembangan BWM, semoga kebermanfaatan BWM Pondok Pesantren As'ad Jambi dapat dirasakan oleh banyak pihak," tegas Suparno Djasmin.

Baca: Dinkes Batanghari Akui Penyakit Tak Menular Jadi Pembunuh Terbanyak di Batanghari, Salah Pola Hidup

Baca: Datang ke Bungo, Ketua Bawaslu RI Sebut Tiga Komponen Ini yang Bisa Sukseskan Pemilu 2019

Baca: VIDEO: Pohon Tinggi di Kota Jambi Rawan Tumbang, Warga Diminta Waspada

Baca: Penyerahan SK CPNS Kota Jambi Dijadwalkan Awal April, BKPSDM Pastikan Paling Lambat Minggu Depan

Baca: Usai Bunuh Istrinya, Alex Sempat Servis Motor di Bengkel dan Ngobrol Soal Burung

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen juga menilai tujuan dari pendirian BWM sangat sesuai dengan visi perusahaan, yakni "bring peace of mind to millions". Memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan merupakan visi kami selama ini, tidak hanya mereka yang menggunakan produk kami, namun juga masyarakat di sekitar kami, semoga kontribusi yang kami berikan melalui BWF Pondok Pesantren As'ad dapat memberikan piece of mind bagi masyarakat Jambi," ujar Rudi Chen.

Peresmian BWM juga dihadiri Pimpinan Pondok Pesantren As'ad Tuan Guru Muhammad Nadjmi Qodir Ibrahim, Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Gubernur Provinsi Jambi Fachrori Umar, Wakil Walikota Jambi Maulana, Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas, Chief Astra Financial Adi Sepiarso, Chief Marketing Officer-Retail Business Asuransi Astra Gunawan Salim, serta manajemen dan eksekutif grup Astra.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved