Konflik Lahan dengan PT BBS, Ini Solusi Penyelesaian yang Ditawarkan Pemkab Muarojambi

"Tahun 2014 itu sudah ada penyelesaian, tapi tidak semuanya, itu dengan pola dan mediasi. Namun ada beberapa pihak yang belum menyepakati,"

Konflik Lahan dengan PT BBS, Ini Solusi Penyelesaian yang Ditawarkan Pemkab Muarojambi
tribunjambi/syamsul bahri
Masyarakat rapat dengan Pemkab Muarojambi, terkait konflik lahan di PT BBS 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kasubag Sengketa, Kesbangpol Muaro Jambi, Suprihardi, menawarkan solusi lahan yang juga tim terpadu dalam rapat permasalahan konflik lahan yang terjadi di Desa Seponjen, Desa Sogo, dan Kelurahan Tanjung, dan Dusun Pulau Tigo, Kecamatan Kumpeh, Selasa (26/2/2019) menawarkan solusi pemecahan masalah konflik lahan tersebut di dalam rapat.

Menurutnya, untuk Dusun Pulau Tigo dan Desa Seponjen, pada tahun 2014 lalu sudah pernah dilakukan penyelesasian sengketa lahan tersebut. Namun memang diakuinya tidak semuanya terselesaikan karena ada beberapa pihak yang tidak sepakat.

Baca: Permbahasan Konflik Lahan dengan PT BBS. Fathuri Sebut,: Ada yang Numpang di tengah Jalan

Baca: Konflik Lahan PT BBS, Warga Tiga Desa di Kumpeh Lega Dengar Jawaban Bupati

Baca: Malaysia Airline Mendarat Darurat di Bandara Jambi, Ini Penyebabnya Menurut Angkasa Pura

"Tahun 2014 itu sudah ada penyelesaian, tapi tidak semuanya, itu dengan pola dan mediasi. Namun ada beberapa pihak yang belum menyepakati," bebernya.

Ia menyatakan bahwa selaku pemerintah, pihaknya wajib memfasilitasi dalam penyelesaian konflik lahan tersebut. Upaya yang ditawarkan yaitu pihaknya akan melakukan verifikasi bersama dengan pemerintah desa untuk mengecek ke lapangan, untuk melihat kepemilikan.

"Nanti, walaupun tidak dalam tim terpadu ini.

Di kesbangpol sudah terbentuk tim terpadu, nantinya beberapa orang akan melakukan verifikasi ke lapangan yang terdiri dari Kesbanggpol, bagian perbatasan tanah dan wilayah.

Baca: Andre Injak Anak Balita Pacarnya hingga Tewas, Akhirnya Baru Menyesal

Baca: 100 Perguruan Terbaik Indonesia 2019 Versi 4ICU - Universitas Jambi Nomor Berapa Ya?

Baca: ILC Selasa (26/2) Pukul 20.00 WIB - Angkat Tema Perlukah Pernyataan Perang Total Dan Perang Badar?

Baca: Rupiah Hari Ini - Nilai Tukar Rupiah Selasa (26/2/2019_ Menguat di Level Rp 13.989 per Dollar AS

"Itu nantinya mereka akan di tugaskan ke masing-masing desa dan kelurahan yang akan melakukan verifikasi. Jadi kita berharap kawan-kawan yang tergabunh di empat wilayah tadi menyiapkan dokumen berkaitan kepemilikan," terangnya.

Lebih lanjut diterangkannya bahwa pihaknya meminta untuk masyarakat menyiapkan beberapa dokumen administrasi diantaranya KTP, KK, surat pelimpahan hak, surat pernyataan kepemilikan. Dokumen itulah nantinya yang akan dilakukan verifikasi.

"Jadi nanti akan kita lihat, apakah itu ada jual beli atau proses lainnya. Itu akan di cantumkan di verifikasi, nanti apabila belum mempunyai itu akan kami catat apakah itu lengkap atau belum," pungkasnya.(*)

Penulis: syamsul
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved