Tahun 2019, DKP Jambi Fokus Garap Perda Rencana Donasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman optimis jelang akhir tahun progres pembangunan mencapai 95 persen.

Tahun 2019, DKP Jambi Fokus Garap Perda Rencana Donasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil
tribunjambi/samsul bahri
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Tema Wisman mengatakan hasil pembangunan kelautan dan perikanan Jambi pada tahun 2018 baru mencapai 87 persen.

Ia optimis jelang akhir tahun progres ini akan mencapai 95 persen, karena sampai saat ini masih ada proses pencairan keuangan yang harus diselesaikan.

“Kalau masalah fisik, polbes, pembagian visit itu sudah capaian 100 persen semua, baik Dana Alokasi Khusus (DAK), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ujarnya, Sabtu (29/12).

Baca: Jadi Tersangka, Muhammadiyah Tidak Terkejut

Baca: Hukuman 12 Anggota DPRD Provinsi Jambi Bisa Lebih Berat

Baca: Hikmah Kasus Ketok Palu

Ia mengatakan capaian lainnya terbilang cukup baik. Yakni juara 3 di lomba penyuluh tingkat nasional dari Kabupaten Merangin, juara 1 blue carbon tingkat Provinsi Jambi dan juara harapan 1 tingkat nasional lomba indepasis kebaikan yang dilaksanakan di halaman paska sarjana jurusan Kelautan dan Perikanan IPB, capaian itu akan jadi progres pada tahun 2019.

“Untuk tahun anggaran 2018 sesuai dengan yang saya sampaikan bahwa progres pekerjaan dan sosialisasi hasil pembangunan itu yang menjadi masalah dari tahun 2003 - 2014 dimana budidaya bukan naungan Provinsi.  Sementara kita memacu produksi sesuai dengan amanah kementerian kelautan dan perikanan, itulah yang menjadi kendala bagi kami," katanya.

Tema menegaskan, tahun 2019 nanti sangat menjembatani bantuan yang akan datang dari pusat sektor perikanan untuk Kabupaten/Kota.

Berdasarkan UU 23 tahun 2014, yang mengamanahkan benih, calon induk ikan dari provinsi sudah dilarang.

“Ini sangat terbatas bahwa kita berfokus capaian tahun ini ke perairan laut dan perairan umum, bantuan alat tangkap yang ramah lingkungan Alhamdulillah sampai hari ini semuanya sudah 100 persen," jelasnya.

Baca: 10 Caleg di Jambi Jadi Tersangka, KPU Tunggu Sikap Parpol

Baca: VIDEO: Pasca Meletus Gunung Anak Krakatau Jadi Lebih Kecil, Tingginya Tinggal 100 Mdpl

Baca: Sambut Tahun Baru 2019 di Kota Jambi, Ada Pentas Seni di Tugu Keris Siginjai

Baca: Jadi Tersangka Dana Ketok Palu, Chumaidi Zaidi Pilih Mundur dari PDIP

Kalau untuk perairan laut dan perairan umum, kata Tema, progres yang dicapai telah 100 persen baik itu bantuan fisik dari DAK maupun dari APBD perubahan yang hibah dan alat tangkap hampir 7.000 pics.

Sementara itu, hasil dari evaluasi dan realisasi pembangunan Kelautan dan Perikanan untuk tahun 2019 nanti masih disesuaikan dengan amanah Undang-Undang.

"Kami tetap fokus dipengolahan hasil perikanan, produksi perikanan laut dan umum sementara budidaya kita menjembatani Kabupaten/Kota untuk memperoleh bantuan dari kementerian Kelautan dan Perikanan karena yang disampaikan bahwa wewenangan sudah tidak ada lagi di kita," jelasnya.

Ia menjelaskan yang menjadi fokus pada tahun 2019 Perda rencana donasi wilayah pesisir dan pulau kecil.

"Sekarang progres tahun 2018 rencana donasi wilayah pesisir dan pulau kecil, Alhamdulillah progres itu tercapai. Perda 2018 dibarengi dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Jadi untuk Perda 2019 mendatang harus jadi pertengahan tahun depan setelah Pergub keluar," pungkasnya.

Baca: VIDEO BREAKING NEWS: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulawesi Utara

Baca: Video: Detik-detik Keributan Dalam Pesawat Garuda Jakarta-Hong Kong, Pilot Usir Perempuan Mabuk

Baca: Korem 042/Gapu Serahkan Tiga Truk Bantuan Logistik untuk Korban Tsunami di Lampung Selatan

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved