Sidang Heboh, Ketua DPRD Mengaku di Depan Jaksa KPK, Ada Tradisi Meminta-minta Uang ke Pemerintah

"Besarannya kata Pak Zoerman 2 persen. Karena waktu tahun sebelumnya 2 persen pimpinan dapat. Itu proyek multiyears pembangunan...."

Sidang Heboh, Ketua DPRD Mengaku di Depan Jaksa KPK, Ada Tradisi Meminta-minta Uang ke Pemerintah
Tribun Jambi/Hanif Burhani
Sidang keenam kasus suap ketok palu RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2018 pada Senin (12/3) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston (CB), yang sebelumnya bersikukuh baru mengetahui adanya permintaan uang ketok palu oleh dewan, akhirnya saat persidangan Senin (12/3), secara tersirat mengaku bahwa praktik tersebut lazim.

Cornelis Buston yang dihadirkan sebagai saksi pada sidang keenam kasus suap ketok palu RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2018, mengiyakan bahwa tradisi meminta-minta uang kepada eksekutif untuk memuluskan RAPBD sudah terjadi sebelumnya.

Politisi Partai Demokrat itu seakan keceplosan saat menjawab pertanyaan jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengonfrontir ucapan Elhelwi.

"Bagaimana nasib kita ini ketua?" Begitu ucapan Elhelwi, Anggota DPRD Provinsi Jambi dari PDIP. Kalimat itulah yang ditanya jaksa ke Cornelis.

"Yang karena ini sudah jadi kebiasaan," kata Cornelis. Pernyataan ini kemudian membuat suasana di persidangan riuh. Pengunjung ruang sidang Pengadilan Tipikor Jambi kaget.

Tak berhenti di situ, Jaksa KPK kembali mencecar Cornelis, bagaimana ia kemudian berani memastikan bahwa pertanyaan dari koleganya tersebut adalah permintaan uang ketok palu. "Katanya kalau ada sen (duit) gampang. Sen bahasa daerah Jambi itu artinya uang Pak," kata pria yang kemarin berbatik warna hitam putih tersebut.

Hanya saja kemudian, ia berpendirian seperti sedia kala. “Apakah sudah terjadi sejak tahun-tahun sebelumnya?” tanya jaksa. Ia menjawab, "kalau sebelum-sebelumnya saya tidak tahu ada atau tidak."

Baca: Siapkan Budget Segini Jika Ingin Gunakan Jasa Syahrini Untuk Endorse Produkmu, Tertarik?

Baca: Zola Akan Bersaksi, PH Terdakwa Minta Tiga Saksi ini Dihadirkan Lagi

Baca: Sujarmin: Saya Satu-satunya Calon Berlatar Belakang Petani

Halaman
123
Penulis: tribunjambi
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help