Berita Jambi

Bawaslu Provinsi Jambi Ungkap Temuan Selama Verifikasi Administrasi Partai Politik

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin mengungkap temuan - temuan yang didapati dalam proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 mendata

Penulis: Wira Dani Damanik | Editor: Zulkipli
Tribunjambi.com/Wira Dani Damanik
Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin mengungkap temuan-temuan yang didapati dalam proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 mendatang.

Bawaslu dikatakan Wein Arifin, menemukan potensi data ganda internal partai sebanyak 30.189 keanggotaan dari total 24 partai yang dilakukan verifikasi administrasi.

Adapun pengawasan yang dilakukan oleh bawaslu dalam verifikasi administrasi yakni, kegandaan, kesesuaian daftar nama dan KTP, pekerjaan yang dilarang (ASN, TNI, Polri), dan umur.

"Jadi dari 11 kabupaten/kota dan dari 24 partai politik terdapat 30.189 potensi kegandaan internal partai. Misalnya Partai A , nama Budi itu 3 atau 4 kali. Nah kalau ditotalkan semua itu ada 30.189. nah kalau antar partai politik misalnya nama Budi itu tercantum di Partai A dan Partai B, itu ada sebanyak 52 orang. Yang banyak itu ganda internal, kemudian ada potensi faktor usia perkawinan 17 tahun kebawah hanya 2 orang, kemudian 26 faktor pekerjaan yang dilarang," kata Wein Arifin, Selasa (13/9).

Diketahui verifikasi administrasi partai politik telah selesai dilakukan pada 11 September 2022 lalu.

Wein Arifin menyebut pihaknya telah menyerahkan temuan tersebut kepada KPU Provinsi Jambi.

"Hasil pengawasannya kami sampaikan ke KPU Provinsi, kami harus mengecek ulang. Dua hari yang lalu kalau engga salah selesai vermin, jadi kami lagi pengecekan sekarang data-data yang sudah kami sampaikan sudah dieksekusi bahasanya atau belum," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Dana MDT Madrasah Mandek, Ini Tanggapan Kemenag Sarolangun

Baca juga: Sinopsis Takdir Cinta Yang Kupilih 13 September 2022, Hakim Curigai Anak yang Dikandung Tammy

Baca juga: Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Menteri Sandiaga Uno Kunjungi Desa Pentagen Kerinci

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved