Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Menteri Sandiaga Uno Kunjungi Desa Pentagen Kerinci

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Selasa (13/92022). Kunjungan kerja Menteri Sandiaga Uno dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program untuk kedua kalinya ini dengan mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit”. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. 

Tujuan ke giatan program ini agar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

Baca juga: Dihadiri Sandiaga Uno, 27 UMKM Kreatif Kelas Nasional dan Internasional Ikuti AKI 2022 Jambi

Kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia. Selain itu dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Dari data kegiatan Anugerah Desa Wisata tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan target di tahun 2022 adalah 3.000 desa wisata yang diharapkan terjaring sehingga mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya. 

Ini bukti nyata program unggulan mas menteri untuk desa wisata menjadi pilihan banyak desa dengan peningkatan jumlah pendaftaran desa wisata. Peningkatan yang lebih dari 200 persen ini menunjukkan bahwa ADWI menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu

Program ini benar-benar membawa kesejahteraan bagi masyarakat, seperti yang disampaikan Pengelola teman Pertiwi Pentagen, Abdul Basid. Dihadap mas Menteri, Basid mengatakan tahu dengan adanya desa wisata setelah adanya ADWI. 

"Setelah itu kami mendaftar alhamdulillah masuk 50 besar ADWI 2022," bebernya.

Baca juga: Wali Kota Jambi Sambut Kedatangan Sandiaga Uno, Fasha: Menjadi Spirit Kami

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved