Harga Sawit Jambi

Harga Sawit Jambi Belum Stabil, Pupuk 'Aspal' Beredar

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal, mengungkapkan adanya peredaran pupuk asli tapi palsu (aspal) yang kini beredar di Provinsi Jambi.

Penulis: tribunjambi | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Musawira
Harga sawit di tingkat petani di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi Rp1.420 per kilogram, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal, mengungkapkan adanya peredaran pupuk asli tapi palsu (aspal) yang kini beredar di Provinsi Jambi. Terlebih saat ini subsidi pupuk untuk komoditas kelapa sawit di cabut.

Dia mengatakan indikasi peredaran aspal itu dari kandungan isi tidak sesuai dengan tulisan yang dicantumkan di label merek.

"Di merknya tidak palsu, tapi kalau diuji, itu tidak sesuai. Misalnya kandungannya itu disebutkan KCl-nya 15. Nah, coba ketika diuji, paling 9 atau 10 itu dikurangin," jelasnya.

"Karena kita tidak mengujinya tadi karena harus ada biaya pengujian, sehingga kita beli pupuk itu juga tidak sesuai, dan itu paling banyak," tambahnya.

Hal tersebut yang selama ini lakukan masyarakat, khususnya petani kelapa sawit, yaitu menguji satu-satu secara manual atau lebih tepatnya feeling.

"Sekarang kan banyak merk-merk baru, jadi petani itu hanya satu-satu. Kadang-kadang, ya feeling dari petani. Tapi KCL ini agak sulit, dan untuk pengecekan juga agak mahal juga," sebutnya.

Baca juga: Petani Jambi Bingung, Harga Sawit Masih Kurang dari Rp 2.000 per Kg

Baca juga: Ratusan Botol Miras Diamankan Satpol PP Kota Jambi

Namun, Agusrizal memastikan pupuk yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dipastikan asli. Hal itu lantaran pihaknya menerapkan dua kali uji coba terkait dengan bahan baku dari pupuk tersebut.

"Kalau pengadaan dari perkebunan baik dari APBN atau APBD itu kami lakukan uji coba dua kali. Untuk yang beredar saat ini memang sulit, beda dengan dari kita yang diberikan," pungkasnya.

Petani mengeluh

Sementara itu, petani kelapa sawit di tiga kecamatan Bahar Grup, Kabupaten Muarojambi, mengeluhkan pencabutan subsidi pupuk kelapa sawit oleh pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved