Sakernas Agustus 2022 Alat Potret Kondisi Ketenagakerjaan

Pada setiap BS dipilih 10 rumah tangga untuk menjadi responden, yang akan diwawancarai petugas lapangan baik secara langsung

Editor: Rahimin
Istimewa
BPS mengerahkan 22 petugas lapangan yang akan melakukan pendataan SAKERNAS di 56 Blok Sensus yang tersebar di 13 kecamatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat 

Sakernas Agustus 2022Alat Potret Kondisi Ketenagakerjaan

TRIBUNJAMBI.COM - Sejak Senin (8/8/2022), dimulai kegiatan pencacahan rumah tangga sampel Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2022 oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kegiatan SAKERNAS dilaksanakan pada sejak 08 hingga 31 Agustus 2022.

BPS mengerahkan 22 petugas lapangan yang akan melakukan pendataan SAKERNAS di 56 Blok Sensus yang tersebar di 13 kecamatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pada setiap BS dipilih 10 rumah tangga untuk menjadi responden, yang akan diwawancarai petugas lapangan baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui telepon. Sebelum petugas lapangan turun ke lapangan, telah dibekali dengan pelatihan petugas.

Hasil dari SAKERNAS Agustus dapat menyajikan indikator ketenagakerjaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pada tahun 2021, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebesar 2,53 persen, yang artinya 2,53 persen dari penduduk usia kerja (15-64 tahun) merupakan pengangguran.

Angka ini naik dibandingkan Agustus 2020 yakni sebesar 2,16 persen. Apabila dilihat dari jenis kelamin, perubahan pada periode 2020-2021, TPT laki-laki mengalami penurunan dari 2,28 persen menjadi 1,83 persen, sedangkan TPT perempuan mengalami kenaikan cukup besar dari 1,98 persen menjadi 3,65 persen.

Dengan data ketenagakerjaan yang dihasilkan SAKERNAS Agustus, dapat diperoleh indikator ketenagakerjaan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan para konsumen data, baik pemerintah daerah, sektor privat/swasta, maupun masyarakat luas pada umumnya pada lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Data Jambi/BPS Kabupaten Batang Hari)

---

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

Baca juga: Menyongsong Asa Batang Hari Tangguh Melalui Sektor Pertanian yang Berkualitas

Baca juga: Menghitung Produksi Padi Sawah di Muaro Jambi

Baca juga: BPS Provinsi Jambi Gandeng Komisi Informasi, Belajar Keterbukaan Informasi Publik

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved