Breaking News:

UIN STS Jambi Berhasil Rebut Medali Emas di Ajang OASE 1 PTKI se-Indonesia

UIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi kembali menoreh prestasi di ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) 1 PTKI se-Indonesia. 

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi kembali menoreh prestasi di ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) 1 PTKI se-Indonesia. 

TRIBUNJAMBI.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi kembali menoreh prestasi di ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) 1 PTKI se-Indonesia. 

Kontingen UIN STS Jambi berhasil mengalahkan ratusan peserta dalam cabang lomba olimpiade sains fisika, Pildama Putri, Debat Konstitusi, dan Fahmil Qur’an. Kontingen UIN Jambi mampu toreh prestasi luar biasa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam seluruh Indonesia

Di tengah pandemi Covid-19, ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) 1 PTKI se-Indonesia, berlangsung secara hybrid, daring dan luring sejak tanggal 6 Oktober sampai dengan 28 November 2021 di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. 

Wakil Rektor III UIN STS Saifuddin Jambi, Bahrul Ulum, mengatakan melalui mekanisme penyeleksian peserta yang dilakukan secara objektif dan transparan, UIN STS Jambi berhasil mengirimkan peserta untuk mengikuti 21 cabang lomba.   

"Adapun cabang lomba yang diikuti adalah bidang olimpiade, yang terdiri dari cabang lomba Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Cabang Lomba karya inovasi, yang terbagi dalam Literasi dan Inovasi Teknologi, Nano Teknologi dan Produk Kesehatan, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Iklim, Limbah, Lingkungan, dan Sumber Daya Terbarukan. Sosial Keagamaan, Media Pembelajaran, Astronomi dan Ilmu Falak, Robotik dan Programing, serta Karya Tulis Al Qur’an," ujarnya.

Baca juga: 21 Calon Enterpreneur Muda UIN STS Jambi Jajakan Produknya di CFD Gubernuran

Kemudian debat, yang terdiri dari Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Arab, dan Debat Konstitusi. Selanjutnya Business Plan, Fahmil Qur’an, Story Telling, Dai Putra dan Putri, serta Qiraatul Kutub Putra dan Putri.  

"Sebanyak 60 peserta kontingen UIN Jambi berhasil lolos ke babak semifinal, hingga final berjumlah 27 orang," tambah Bahrul Ulum. 

Dia menjelaskan untuk persiapan mengikuti kegiatan OASE 1 PTKI se-Indonesia, yang semula bernama PIONIR (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Risset), UIN Jambi tidak main-main. 

Karena setiap cabang lomba, peserta dibina dan didampingi oleh 2 hingga 3 orang Pembina yang berkompeten, terdiri dari tenaga dosen di kampus lokomotif perubahan ini sendiri.

Baca juga: Ini Agenda Pusat Kajian Melayu UIN STS Jambi Kunjungi UGM

Pembinaan dilakukan secara berkesinambungan sejak proses seleksi internal sampai penetapan peserta. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved