Breaking News:

Editorial

Rumah Bagi Guru, Aset Pemkot Jambi yang Jadi Temuan BPK Karena Tidak Tepat Peruntukan dan Sasaran

Ratusan unit rumah dinas guru ternyata dihuni bukan oleh orang yang seharusnya. Itulah yang jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap aset

Editor: Deddy Rachmawan
Tribunjambi/Aryo Tondang
Tim gabungan Satpol PP, Dishub, DLH Kota Jambi serta Pemerintah Kota Jambi melakukan eksekusi ratusan perumahan guru yang tersebar di dua titik, Kamis (7/10/2021) pagi. 

Dibangun atas dasar niat mulia, puluhan tahun silam pemerintah membangun rumah dinas bagi para guru. Para pahlawan tanpa tanda jasa difasilitasi untuk berdomisili.

Tahun-tahun berlalu, siapa sangka aset pemerintah itu justru ada yang beralih peruntukannya. Ratusan unit rumah dinas guru ternyata dihuni bukan oleh orang yang seharusnya.

Itulah yang jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap aset-aset Pemkot Jambi.

Seharusnya rumah-rumah tersebut dapat digunakan oleh para guru atau tenaga pendidik yang baru menggantikan guru yang sebelumnya pensiun, atau tak lagi bertugas. 

Walhasil, banyak rumah yang kemudian beralih tangan, dihuni oleh pihak keluarga guru, dan bahkan dialihfungsikan menjadi tempat untuk berdagang,dan lainnya. 

Apa yang dilakukan oleh Pemkot Jambi, Kamis (7/10) dengan menertibkan rumah dinas yang disalahgunakan patut diapresiasi.

Penertiban aset pemda berupa fasilitas hunian bagi para guru tersebut tentunya menjadi angin segar bagi para guru yang memang membutuhkan tempat tinggal yang layak. 

Meski eksekusi di lapangan juga timbul gejolak dari penghuni lama, yang tak siap untuk pindah dalam waktu amat singkat.

Ini juga PR dari pemkot mengingat sebagian guru dan keluarganya di sana seolah terlena dengan pengawasan yang longgar, sehingga tak langsung bersiap-siap menjelang memasuki masa pensiun untuk mengosongkan rumah tersebut. 

Artinya ini menjadi catatan juga bagi pemerintah agar bisa mengawasi aset-aset tersebut agar sesuai dengan peruntukannya.

Ke depan semoga langkah ini menjadi suatu bentuk perbaikan di lapangan untuk meningkatkan taraf hidup para guru.

Baca juga: 49 Rumah Guru di Mayang dan Kenali Besar Dieksekusi Pemkot Jambi, Perumahan Guru Berubah Peruntukan

Baca juga: Pengakuan Penghuni Perumahan Guru di Kota Jambi yang Dieksekusi, Kelabakan Harus Pindah Rumah

Dan harapannya pemerintah bisa menambah lagi fasilitas serupa untuk kaum guru yang lainnya, yang belum terakomodasi. 

Warisan yang baik dari pemerintahan sebelum-sebelumnya ini, patut dilestarikan, dan kalau perlu ditingkatkan lagi oleh pemerintah saat ini.

Kita semua yang mantan murid, yang merasakan benar bagaimana berjasanya para guru, sepatutnya bisa memberikan penghargaan lebih atas jerih payah mereka mendidik anak bangsa. (*)

Baca juga: Masih Gaji Pegawai Pensiun dan Meninggal Dunia, BPK Temukan Kejanggalan Keuangan Pemprov DKI Jakarta

Baca juga: Pemkot Jambi Targetkan Dua Pekan Kedepan Kota Jambi PPKM Level 1

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved