Breaking News:

Mengenal Beranda Perempuan Jambi, Aktif Upayakan Pemberdayaan Perempuan di Sumatera

Berita Jambi - Beranda Perempuan Jambi, sebagai adalah organisasi non pemerintah yang berkedudukan di Kota Jambi dengan cakupan wilayah kerja.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Samsul Bahri
Mengenal Beranda Perempuan Jambi, Aktif Upayakan Pemberdayaan Perempuan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beranda Perempuan Jambi, sebagai adalah organisasi non pemerintah yang berkedudukan di Kota Jambi dengan cakupan wilayah kerja di pulau Sumatra.

Sejak tahun 2011, Beranda Perempuan aktif melakukan upaya-upaya pemberdayaan perempuan dan advokasi terhadap korban yang mengalami kekerasan dan pelecehan seksual.

Zubaida, Direktur Beranda Perempuan Jambi menyebutkan bahwa Beranda Perempuan adalah organisasi non pemerintahan yang berbasi relawan. Ia menyebut bahwa dalam upaya pemberdayaan perempuan pihaknya melakukan secara gotong royong.

"Beranda Perempuan ini sebagai wadah untuk bagaimana meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan," katanya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Zubaida bahwa Beranda perempuan juga melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak termasuk advokasi dan pemerintah dalam hal ini seperti pemberdayaan perempuan.

Ia menyebut bahwa ada tiga layanan bantuan yang diberikan oleh Beranda Perempuan yaitu bantuan hukum, psikolog dan pendampingan komunitas. Ini pun kata Zubaida pihaknya masih menerapkan sistem rujukan karena keterbatasan yang ada.

Baca juga: Kekerasan Terhadap Perempuan Marak, Beranda Perempuan Beri Pelatihan Paralegal Pendamping Korban

"Pendampingan komunitas ini maksudnya kita melakukan pendekatan kepada keluarga korban, kemudian berkomunikasi dan melakukan penguatan," terangnya.

"Dari tiga layanan tadi, karena kita kerja relawan kita masih pakai sistem rujukan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan karena disana ada layanan hukum dan psikolog. Artinya memang kita kerjasama dengan Pemerintah juga dan melakukan penguatan kepada korban," tambahnya.

Zubaida menyebu bahwa pihaknya saat ini masih bertugas untuk memberikan penguatan kepada korban.

Tidak hanya itu, dalam setiap laporan yang masuk ke Beranda Perempuan pihaknya menenangkan korban dengan memberikan konsultasi atau mendengarkan permasalahan korban.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved