Breaking News:

Berita Batanghari

Batanghari Masih Kurang Cawas, Disdikbud Sebut Banyak Guru yang Belum Berkualifikasi

Kepala Dinas Pendidikan Batanghari, Agung Wihadi mengakui saat ini di Batanghari masih kurang calon pengawas sekolah (Cawas).

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
Kepala Dinas Pendidikan Batanghari, Agung Wihadi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Kepala Dinas Pendidikan Batanghari, Agung Wihadi mengakui saat ini di Batanghari masih kurang calon pengawas sekolah (Cawas).

Ia mengatakan dari 250 sekolah hanya ada 24 pengawas sekolah di Batanghari. Idealnya satu orang pengawas itu memiliki 10 sekolah binaan.

“Pengawas kita kurang, jadi ada pengawas kelebihan kapasitas. Sebabnya pengawas kita banyak pensiun. Kadang satu kecamatan 1 pengawas,” kata Agung kepada Tribunjambi.com pada Selasa (14/9/2021).

Agung menyebut di Kecamatan Maro Sebo Ulu untuk pengawas SD hanya ada dua pengawas. Hal itu terjadi karena ada yang pensiun.

“Ada satu pengawas yang akan pensiun dalam waktu tidak terlalu lama, ketika pensiun calon yang lain tidak ada. Karena nanti lingkup pengawas sudah kabupaten. Ke depannya langkah kita akan menyesuaikan jumlah pengawas dan jumlah sekolah sehingga bisa akan dibagi supaya merata,” katanya.

Ia terus terang bahwa pihaknya pernah merekrut pengawas namun belum ada yang berkualifikasi.

Mudah-mudahan pada 2022 setelah selesai Cakep baru bisa menyeleksi calon pengawas sekolah siapa-siapa yang bisa menjadi pengawas.

“Syaratnya harus S1, kalau guru minimal sudah delapa tahun bertugas, kalau dia kepala sekolah sudah dua tahun bertugas. Pangkat IIIC dan mempunyai sertifikasi pengawas serta umur tidak melebihi 56 tahun,” pungkasnya.

Baca juga: Ada 3 Potensi Pungli di Dinas Pendidikan Batanghari, Ridwan: Jika Ada Tolong Bantu Rekam

Baca juga: Dinas Pendidikan Batanghari Tunda PTM Ajaran Baru, Satgas Covid-19 Beri Sanksi Jika Melanggar

Baca juga: Dinas Pendidikan Batanghari Terima Surat Edaran Soal Peniadaan UN, Ini Syarat Kelulusan Siswa

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved