Breaking News:

Berita Batanghari

Ada 3 Potensi Pungli di Dinas Pendidikan Batanghari, Ridwan: Jika Ada Tolong Bantu Rekam

Sekretaris Dinas Pendidikan Batanghari M Ridwan Noor menyebut ada tiga potensi pungli di tempat ia berdinas. Potensi itu katanya akan diberantas

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Menurut kacamata dan informasi yang diterima Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Batanghari, M Ridwan Noor sedikitya ada tiga jenis potensi pungutan liar (pungli) di Dinas PDK.

“Pengamatan saya terdapat tiga kegiatan yaitu sertifikasi guru, kenaikan pangkat guru dan proyek-proyek tender,” kata M Ridwan Noor selaku Sekretaris Dinas PDK Batanghari, Senin (30/8/2021).

Ia pun mengaku baru menjabat sebagai sekretaris dinas, baru dua bulan berjalan.

Dari pengamatannya selama ini belum ada. Namun ia berupaya kalau itu terjadi di Dinas PDK, akan diberantas.

“Saya, kepala dinas dan bupati sudah komitmen akan memberantas pungli yang ada di PDK,” ujarnya.

Ia menyakini jika ada oknum dilingkungan Dinas PDK melakukan pungli tolong bantu dokumentasikan melalui foto, kuitansi dan bukti rekaman.

“Bantu saya, jika ada oknum di Dinas PDK akan melakukan pungli bantu alat bukti rekaman, foto dan kuitansi. Kita tidak main-main dengan adanya pungli ini, kami sudah berkoordinasi bersama saber pungli dan mereka siap melakukan tindakan untuk membrantas pungli di Dinas PDK,” ucapnya.

Ia sudah mencium keberadaan oknum yang mencari kesempatan dilingkungan Dinas PDK, akan tetapi ia bilang tidak boleh memvonis begitu saja karena tidak ada barang bukti namun jika ada barang bukti dan laporan dari guru, kepala sekolah ia tidak main-main.

“Misalnya kenaikan pangkat nilainya bervariasi. Tergantung tingkatan dari IIIA ke IIIB, IIIC dan seterusnya, minimnya itu uang terimakasi namun itu tidak dibenarkan apapun bentuknya,” jelasnya.

Sejauh ini data yang pihaknya himpun sekira ada 542 orang guru pada tahun ini periode Oktober bakal naik pangkat. Bermacam-macam dari golong II sampai golong IV. Perkembangannya kata dia sudah berproses di BKPSDMD Kabupaten Batanghari.

“Sanksi untuk di Dinas PDK ya kita keluarkan. Tidak main-main kita juga serahkan ke penegak hukum untuk melakukan tindaklanjutnya,”

“Saya sudah komunikasikan bersama inspektur kabupaten. Ia menyampaikan tolong kita sama-sama jika ada gelagat melakukan pungli lapor ke kami. Kami siap untuk itu,” pungkasnya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Jambi Imbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Oknum Pungli di Dukcapil

Baca juga: Pelaku Pungli yang Sudah Meresahkan di Jalan Desa Kandang Tebo Divonis Penjara

Baca juga: Tiga Oknum Polisi Polres Batanghari Diamankan Bid Propam Polda Jambi, Diduga Lakukan Pungli

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved