Breaking News:

Tips Kesehatan

Bahaya Soda bagi Penderita Penyakit Ginjal dan Diabetes, Dapat Merusak Ginjal dan Jantung

Ginjal yang sehat dapat dengan mudah membuang kelebihan fosfor dari darah, tetapi tidak demikian halnya jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Editor: Nurlailis
pixabay.com
Bahaya soda untuk penyakit ginjal 

TRIBUNJAMBI.COM - Soda, terutama varietas berwarna gelap, tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes.

Soda berwarna gelap mengandung fosfor, yang digunakan untuk mencegah perubahan warna, memperpanjang umur simpan, dan menambah rasa.

Kebanyakan soda berwarna gelap mengandung 90-180 mg fosfor per porsi 12 ons (355-mL).

Meskipun ini mungkin tidak tampak banyak dibandingkan dengan batas atas harian, soda mengandung jenis fosfor yang berbeda dari yang ditemukan secara alami dalam makanan.

Itu tidak terikat pada protein tetapi muncul dalam bentuk garam, yang berarti lebih mudah diserap ke dalam darah.

Ginjal yang sehat dapat dengan mudah membuang kelebihan fosfor dari darah, tetapi tidak demikian halnya jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Memiliki kadar fosfor darah tinggi untuk waktu yang lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko kematian dini.

Soda dan minuman manis lainnya juga mengandung banyak gula tambahan sehingga tidak ideal untuk orang yang menderita diabetes karena tubuh mereka tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan benar.

Memiliki kadar gula darah tinggi dalam jangka waktu lama dapat merusak saraf, merusak ginjal lebih lanjut, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Alih-alih soda, pilihlah minuman yang rendah gula dan fosfor, seperti air putih, teh tanpa pemanis, atau air soda yang dicampur dengan irisan buah atau sayuran.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved