Breaking News:

OJK Hadiri Pengukuhan TPKAD Muarojambi dan Sosialisasi Percepatan Akses Keuangan Daerah

OJK Jambi kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Muaro Jambi. Sekaligus percepatan akses keuangan daerah

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Rahimin
tribunjambi/ade setyawati
Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata memberikan sambutan pada acara pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Muaro Jambi dan Sosialisasi Percepatan Akses Keuangan Daerah, Kamis (9/9/2021) di Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadiri acara Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Muaro Jambi dan Sosialisasi Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Pada situasi pandemi Covid-19 sekarang ini, saat perekonomian tidak stabil dan bahkan mengalamai penurunan dengan dikukuhkannya TPKAD ini diharapkan dapat mencarikan solusi bagi permasalahan tersebut.

Bupati Muarojambi Masnah Busro mengatakan, semoga ini bisa berkesinambungan untuk kemajuan perekonomian masyarakat Jambi.

"Alhamdulillah tadi kita sudah melaksanakan pengukuhan dan harapan kami semoga ini bisa terus berkesinambungan untuk kemajuan perekonomian masyarakat Jambi, UMKM dan lainnya," jelasnya.

"Semoga dengan adanya tim ini dapat mencarikan solusi tersebut," sambungnya.

Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata menyampaikan harapannya dengan pengukuhan ini dapat sama-sama bekerjasama dan berkoordinasi.

Ada 4 program kerja utama yang dapat diterapkan.

Untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi, ada 4 program kerja utamanya yaitu, yang pertama prioritas, kedua tingkatan literasi keuangan, ketiga penguatan infrastruktur, keempat pendampingan.

"Yang pertama ada prioritas, dengan ini masyarakat dapat mengoptimalisasi keuangan yang ditawarkan lembaga jasa keuangan, sebagai contohnya laku pandai, pinjaman KUR, dan tabungan untuk pelajar. Kedua tingkatan literasi keuangan bagaimana masyarakat Muaro Jambi ini bisa meningkat baik inklusi dan literasi keuangannya. Ketiga penguatan infrastruktur seperti pembentukan-pembentukan BUMDES, diharapkan bisa membantu meningkatkan akses masyarakat ke daerah dan yang keempat pendampingan," ujarnya.

"Harapan kami, setelah adanya pengukuhan ini, kita sama-sama bisa bekerjasama dan berkoordinasi, yang pertama itu untuk membentuk program kerja, agar segera bisa membantu percepatan pertumbuhan perekonomian daerahnya," sambungnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Suti Masniari mengatakan, dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, akses keuangan sangat dibutuhkan.

"Akses keuangan sangat dibutuhkan saat pemulihan ekonomi, khususnya UMKM atau dunia usaha, ketika ingin berkembang tentunya harus terhubung dengan akses keuangan dan saat ini akses keuangan sesuatu yang susah, ada gap-nya," katanya.

Sedangkan ketika dunia usaha sudah memiliki akses, sektor jasa keuangan akan mudah untuk mengembangkan usahanya, akan mudah untuk bertransaksi, akan mudah juga menyerap tenaga kerja.

"Jika sudah ada akses, maka akan mudah untuk melebarkan lagi usahanya, dan tentunya lagi berdampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut juga," lanjutnya.

"Yang kita harapkan, adanya akses perluasan ekonomi daerah ini, perekonomian lebih bisa bergerak dan didukung oleh sektor-sektor provinsi, di sini kita bisa bersama-sama dan bekerjasama membantu khususnya UMKM,” tutupnya.

Baca juga: OJK Jambi Soroti Peran Masyarakat Penting Membantu Memutus Mata Rantai Jebakan Pinjol

Baca juga: OJK Jambi Lakukan Beberapa Langkah Strategis Dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Provinsi Jambi

Baca juga: Sinergi Pemkot Jambi, BI, OJK, BMPD dan FK-IJK Gelar Vaksinasi Massal di Sektor Jasa Keuangan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved