Breaking News:

Berita Bisnis Jambi

OJK Jambi Lakukan Beberapa Langkah Strategis Dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Provinsi Jambi

Berita Jambi-Kepala OJK Jambi menyampaikan OJK terus mendorong pemulihan ekonomi Provinsi Jambi dengan beberapa langkah strategis.

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/vira ramadhani
Sebanyak 2.500 Pelayan Publik Telah Divaksin, Vaksinasi Lanjutan Sektor IJK Terus Digelar 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jambi terus dorong pemulihan ekonomi di Provinsi Jambi.

Beberapa langkah startegis dilakukan, mulai dari mendorong penyaluran kredit hingga perpanjangan restrukturisasi kredit.

Yudha Nugraha Kurata, Kepala OJK Jambi menyampaikan OJK terus mendorong pemulihan ekonomi Provinsi Jambi dengan beberapa langkah strategis.

Pertama, mendorong penyaluran kredit, terutama kepada sektor-sektor yang mampu memberikan dampak dalam percepatan pemulihan ekonomi.

“Dapat saya sampaikan bahwa sampai dengan Sampai dengan posisi Mei 2021, kinerja industri jasa keuangan secara umum tercatat positif. Kredit yang disalurkan Bank Umum yang berlokasi di Provinsi Jambi tumbuh 9,59% (yoy) dan 1,41% (ytd) dengan outstanding kredit sebesar Rp43,13 triliun,” ujarnya di Ev Garden, Rabu (21/7/2021).

“Dari nominal tersebut, total outstanding kredit kepada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mencapai Rp 15,61 triliun,” tambahnya.

Selain itu, penyaluran kredit dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai dengan posisi April 2021 telah mencapai Rp1,76 triliun.

Kedua, dalam upaya memberikan ruang lebih lanjut bagi dunia usaha dan sektor jasa keuangan untuk dapat bangkit kembali ditengah pandemi ini, kebijakan restrukturisasi kredit/pembiayaan bagi debitur terdampak Covid-19 telah diperpanjang hingga Maret tahun 2022.

“Insentif bagi UMKM termasuk subsidi bunga dari Pemerintah akan terus difasilitasi oleh sektor jasa keuangan, demikian juga program penjaminan bagi kredit UMKM dan Korporasi,” ungkapnya.

Yudha meyakini pemulihan ekonomi secara bertahap dan berkelanjutan di daerah-daerah pada gilirannya akan menopang pemulihan ekonomi nasional yang lebih solid dan cepat.

“Kami akan terus mempermudah dan mempercepat akses pembiayaan bagi pelaku usaha dengan menyediakan alternatif pembiayaan bagi UMKM, baik nasabah dari Perbankan, Pasar Modal maupun lembaga pembiayaan dan juga mempercepat digitalisasi di berbagai aktivitas ekonomi dan keuangan masyarakat dan pelaku usaha,” jelasnya.

Dikatakannya, OJK berkomitmen untuk terus berkontribusi dan mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan berinovasi guna mewujudkan sektor jasa keuangan yang berdaya saing dan berperan optimal dalam mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas, termasuk mendukung program Jambi Mantap.

“Besar harapan kami, kita dapat mengisi akhir tahun 2021 ini dengan sukses melewati badai pandemi Covid-19 dengan kinerja dan capaian yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

(Tribunjambi/Vira Ramadhani).

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved