Breaking News:

Home and Garden

Cara Memupuk Tanaman Cabai agar Berbuah Lebat, Bisa Gunakan Air Cucian Beras atau Pupuk Nabati

Tips menanam cabai agar berbuah lebat dan cepat. Untuk membuat penyiraman, setiap pot atau polybag harus disiram dengan larutan pupuk.

Editor: Nurlailis
(SHUTTERSTOCK/OLGA KORICA)
Cara membuat cabai berbuah lebat 

TRIBUNJAMBI.COM - Merawat tanaman cabai perlu menggunakan pupuk yang tepat agar bisa berbuah lebat.

Pupuk kimia diberikan setelah tanaman berumur 1 bulan. Pupuk yang diberikan adalah NPK.

Untuk membuat penyiraman, setiap pot atau polybag harus disiram dengan larutan pupuk kurang lebih 200ml, setiap satu kali dalam 10 hari.

Sebagai pupuk tambahan dapat juga diberikan air cucian beras, air cucian daging atau ikan, pupuk cair (urine ternak), dan pupuk nabati seperti daun Titonia.

Saringlah terlebih dahulu air cucian beras atau air cucian daging dan ikan sebelum digunakan. Sedangkan urine ternak yang digunakan adalah yang sudah difermentasi dan banyak dijual di pasaran.

Selain pemupukan, berikut tips menanam cabai agar berbuah lebat dan cepat dari Kementrian Pertananian yang dilansir pada Kamis (2/9/2021).

1. Siapkan media semai

Sebelum menanamnya, siapkan terlebih dahulu media untuk menyemai benih cabai.

Media yang dianjurkan untuk penyemaian adalah campuran tanah, pupuk kandang atau kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 3:2:1.

Untuk mencegah serangan penyakit, media semai terlebih dahulu di sterilisasi. Sterilisasi dilakukan dengan mengukus media atau dengan menjemur di panas matahari. Kemudian didinginkan, dimasukkan ke dalam wadah penyemaian, dan disiram.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved