Breaking News:

Berita Internasional

Pilot PLA China Tegas Siap Perang Lawan Armada Udara AS, Bangga Tunjukkan Rekor Usir Pesawat Asing

Upaya pengintaian di China di wilayah yang di sengketakan tahun ini lebih provokatif ketimbang pada tahun lalu.

ist
Ilustrasi jet tempur 

TRIBUNJAMBI.COM - China merasa makin perkasa usai bisa menguasai wilayah Laut China Selatan.

Bahkan dengan bangga, Negeri Panda itu menerbitkan catatan penerbangan jet tempurnya yang berhasil mengusir pesawat tempur asing dari wilayah yang dianggap sebagai Laut China Selatan pada Mei 2020.

Seperti melansir dari Global Times, 20 Juni 2021, ini jadi langkah mengirim sinyal kuat ke AS, karena AS menggandakan pendekatannya yang berisiko dan provokatif di wilayah sengketa itu.

Sesuai penuturan para ahli China, upaya pengintaian di China di wilayah yang di sengketakan tahun ini lebih provokatif ketimbang pada tahun lalu.

Pilot China sendiri mengatakan kesiapannya untuk bertempur dengan pesawat asing jika mereka tidak mundur.

Ilustrasi jet tempur F-16.
Ilustrasi jet tempur F-16. (Ahval News)

China Central Televisi (CCTV) turut melaporkan pada hari Sabtu (19/6/2021) bahwa beberapa pesawat militer asing terlihat melakukan pengintaian jarak dekat di China pada Mei 2020.

Selain itu, sebuah brigade dari angkatan udara yang tergabung dalam Angkatan Udara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang ditempatkan di pangkalan udara garis depan pantai ditugaskan untuk ikut terlibat.

Sesuai pemberitaan Global Times, menyebut pilot Lu Geng, kepala kelompok udara brigade, segera memimpin kelompok itu dalam pertempuran untuk melawan pesawat musuh, dan berhasil mengusir mereka.

Pesawat-pesawat tempur itu diterbangkan Lu dan kelompoknya adalah jet tempur Su-30, yang meluncur melewati pulau-pulau dan terumbu karang di Laut Cina Selatan.

"Ini Angkatan Udara PLA. Anda akan memasuki wilayah udara China. Segera pergi!" kata mereka dalam komunikasi radio menggunakan bahasa Inggris dan Cina.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved