Breaking News:

Berita Internasional

KALA China yang Geram dengan G7 dan NATO Gegara Bantu Taiwan, Joe Biden Malah Ingin Temui Xi Jinping

Di tengah polemik China dengan Taiwan yang turut menyeret negara-negara G7 dan NATO, kabar muncul bahwa Presiden AS, Jode Biden akan bertemu Presiden

Kolase/Tribun Jambi
Joe Biden akan temui Xi Jinping di balik kisrush China dengan G7 dan NATO 

TRIBUNJAMBI.COM - Di tengah polemik China dengan Taiwan yang turut menyeret negara-negara G7 dan NATO, kabar muncul bahwa Presiden AS, Jode Biden akan bertemu Presiden China, Xi Jinping.

Hal itu disampaikan Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) pada Kamis (17/6/2021) mengatakan, Presiden Joe Biden siap bertemu Xi Jinping setelah China terlibat adu komentar sengit dengan G7 dan NATO.

Biden ia katakan, menunjukkan sebuah alternatif kepada China dengan memimpin G7 dalam inisiatif infrastruktur baru.

Joe Biden
Joe Biden (AP/Paul Sancya)

Seperti yang diketahui, KTT NATO untuk pertama kalinya juga disebut berhasil menanggapi tantangan keamanan yang ditimbulkan oleh China dengan serius.

Dia pun juga mengungkit soal resolusi perseteruan penerbangan Uni Eropa dan AS yang sudah berlangsung lama, sebagai pesan bahwa negara-negara Barat bersatu melawan praktik predator China.

"Intinya adalah bahwa Joe Biden dengan percaya diri dan terampil mengenakan jubah pemimpin dunia bebas dalam perjalanan ini," ujar Sullivan kepada wartawan dikutip dari AFP.

"Presiden sebelumnya menyerahkan mantel itu dan presiden sekarang dengan tegas mengklaimnya kembali," ujar Sullivan merujuk pada Donald Trump yang sering bentrok dengan sekutu AS.

KTT meletakkan dasar untuk membuktikan kasus bahwa demokrasi dapat diberikan untuk rakyat mereka sendiri, dan untuk orang-orang di seluruh dunia," ungkap Sullivan.

Baca juga: China Buat Penelitian Mengerikan, Tikus Jantan Dibuat Bisa Hamil dan Melahirkan

Baca juga: Taiwan Bisa Dalam Bahaya Usai Sekutu AS Berbondong-bondong Ingin Membantu, Sebut China Bisa Murka

Baca juga: Perang Dunia Bisa Pecah dari Konflik China Vs Taiwan, Sebut Negeri Panda Tak Segan Balas Dendam

Pernyataannya itu dilontarkan usai kritik dari Partai Republik Trump menuduh Biden tidak cukup kuat.

Pemerintahan Biden yang mengidentifikasi China sebagai tantangan global teratas, gegara kebijakannya yang semakin tegas baik di dalam maupun di luar negeri.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved