Breaking News:

Kisah Militer Indonesia

KALA Ucapan Komandan Kopassus Ini Pada Prabowo Subianto Jadi Kenyataan 34 Tahun Kemudian

Ya kala itu, Sintong Hamonangan Panjaitan, terakhir berpangkat Letjen TNI dan menjabat Penasihat Bidang Hankam Presiden BJ Habibie.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Kolase/Tribunjambi.com
Sintong Panjaitan dan Prabowo Subianto 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebuah kisah unik yang pernah dialami oleh Prabowo Subianto kala masih menjadi seorang prajurit.

Kala itu dirinya diramal oleh sosok penting di tubuh Kopassus yang jadi kenyataan saat ini.

Ya kala itu, Sintong Hamonangan Panjaitan, terakhir berpangkat Letjen TNI dan menjabat Penasihat Bidang Hankam Presiden BJ Habibie.

Prabowo Subianto, terakhir berpangkat Letjen TNI dan kemudian menjabat Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju saat ini.

Pada saat Sintong Panjaitan berpangkat Kolonel dan menjadi seorang Komandan Pasukan Sandi Yudha/Kopassandha (kemudian berubah nama menjadi Pasukan Khusus/Kopassus) pada Mei 1985, Prabowo berpangkat Mayor dan menjabat Wakil Komandan Detasemen 81/Anti Teror.

BJ Habibie dan Sintong Panjaitan
BJ Habibie dan Sintong Panjaitan (Kolase/Tribunnews/wikipedia)

Menurut Surat Keputusan (SK) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Rudini, seharusnya Prabowo sudah pindah ke Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad).

SK itu pun diterbitkan ketika Komandan Kopassandha dijabat oleh Brigjen TNI Wismoyo Arismunandar, namun hingga serah terima kepada Sintong pemindahan Prabowo pun belum dilaksanakan.

“Mengapa Prabowo belum dipindahkan ke Kostrad oleh Pak Wismoyo Arismunandar,” tanya Sintong kepala Kolonel Bambang Sumbodo, Asisten 3/Personel Kopassandha.

Sebagai tindak lanjut Sintong pun memerintahkan Kolonel Bambang membuat surat perintah pemindahan Prabowo Subianto dari Kopassandha ke Kostrad.

Pada saat itu Sintong tidak tahu sama sekali alasan Prabowo dipindahkan ke Kostrad karena waktu itu ia baru saja pindah dari Pusdik Kopassandha ke Markas Komando Cijantung, Jakarta.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved