Breaking News:

Berita Kota Jambi

Merayakan Waisak di Jambi, 200 Kg Ikan dan Kura-kura Dilepasliarkan di Danau Sipin

Sy Fasha, Walikota Jambi berharap dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kepedulian sesama

Penulis: Dedy Nurdin | Editor: Nani Rachmaini
Ade setyawati
Danau Sipin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Lebih dari 200 kilogram ikan dilepas liarkan ke Danau Sipin, Kota Jambi dalam ritual Fangsen dalam rangka hari raya Waisak 2565 BE yang jatuh pada hari ini, Rabu (26/5/2021). 

Ratusan kilogram ikan ini terdiri dari berbagai mana jenis. Ikan Lele, Patin, Gabus dan puluhan kura-kura ikut dilepas liarkan di kawasan wisata alam ini. 

Proses pelepasan ikan dilakukan Perkumpulan Ummat Buddha Jambi dari 10 Vihara yang ada di Kota Jambi. Kegiatan ini juga sekali gus memperigati momen hari jadi Kota Jambi yang ke 75th. 

 Rudy Zang, Ketua Perkumpulan Umat Buddha Jambi mengatakan, Pangsen atau pelepas liaran hewan merupakan salah satu kegiatan peryaan Imlek yang digelar umat Buddha di Kota Jambi. 

Fangsen kali ini memilik ikan dari berbagai jenis untuk dilepaskan. Dengan makna memberi kesempatan hidup lebih panjang bagi hewan tersebut. 

"Bagi umat Buddha, pelepasan fangsen sesuai ajaran Buddha. Semua mahluk tidak ingin megalami kesakitan dan kematian. Kita memberi tambahan waktu menikmati kehidupan yang bahagia," katanya. 

Ia mengatakan Umat Buddha memyakini adanya reinkarnasi. Dan tidak menutup kemungkinan akan ada yang dalam kehidupan selanjutnya bereinkarnasi sebagai ikan. 

"Kami memercayai reinkarnasi melalui fansen, semoga mereka memiliki kesadaran hidup di alam lebih baik terhidar dari kesakitan saat reinkarnasi nanti bagi yang melakukan pelepasan ikan hari ini," katanya. 

Ikan-ikan yang dilepas liarkan dibeli dari pasar. Dengan memilih jenis-jenis ikan lokal yang memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi sehingga bisa bertahan hidup dan berkembang biak. 

Sy Fasha, Walikota Jambi berharap dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kepedulian sesama dalam menjaga lingkungan. 

"Ini yang kedua kali dilakukan pelepasan ikan di Danau Sipin, sebelumnya juga sudah dilakukan. Dan kami mengucapkan selamat merayakan hari Waisak," pungkasnya. (Dedy Nurdin). 

Baca juga: China Ancam Tembak Rudal Balistik ke Australia & Terang-terangan Sebut Tetangga Indonesia Itu Lemah

Baca juga: Digitalisasi Layanan Perbankan Berdampak pada Layanan Manual, Bank Rasionalisasi Jumlah Karyawan

Baca juga: UPDATE Harga Komoditi Kakao Kabupaten dan Kota Provinsi Jambi Mei 2021

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved