Breaking News:

Liputan Khusus

Digitalisasi Layanan Perbankan Berdampak pada Layanan Manual, Bank Rasionalisasi Jumlah Karyawan

Kata dia, digitalisasi akan berdampak pengurangan pada petugas costumer service (CS) dan teller. Walaupun awalnya dikatakan akan dialihtugaskan pekerj

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Deddy Rachmawan
ANTARA
Ilustrasi teller bank menunjukkan mata uang dollar 

TRIBUNJAMBI.COM - Semakin berkembangnya dunia digital membuat semua lebih mudah dan cepat. Pada industri perbankan pun teknologi berkembang.

Kasubag Pengawasan Bank 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, Novian Suhardi, mengatakan perkembangan digitalisasi layanan perbankan akan berdampak pada layanan manual.

Aktivitas transaksi manual akan menurun karena penggunaan layanan digital semakin meningkat.

“Dengan adanya teknologi digital, diasumsikan ke depannya akan ada penyederhanaan bisnis proses industri perbankan. Tentunya dengan penyederhanaan bisnis proses akan berdampak pada jumlah sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di industri perbankan,” katanya via telepon seluler, Sabtu (22/5).

“Pengaruh digitalisasi itu pasti karena memang tentu kehadiran teknologi itu untuk lebih memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan,” tambahnya.

Ia mengatakan kehadiran teknologi sebetulnya bukan mengurangi penggunaan SDM perbankan, melainkan adanya pergeseran kebutuhan SDM.

"Kalau kebutuhan kondisi sekarang dan ke depan dibutuhkan SDM bidang pemasaran, penjualan. Artinya orang-orang yang mampu memasarkan dengan baik dan cakap,” ungkapnya.

Novian mengatakan kebutuhan marketing, pemasaran dan yang berkaitan dengan penjualan produk tidak bisa hanya mengandalkan teknologi. Karena itu, tetap dibutuhkan SDM yang cakap menguasai bidang tersebut.

"Kebutuhannya skill komunikasi, skill dalam pemasaran,  presentasi mungkin itu skill yang dibutuhkan ke depannya untuk  berkiprah di industri perbankan ke depannya,” katanya.

“Terkait dengan teknologi, agar mampu bersaing SDM perbankan harus mampu meningkatkan kompetensi dengan melek teknologi digital. Kemampuan TIK dan  penguasan TIK untuk menghadapi revolusi teknologi dan menghadapi globalisasi,” pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved