Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Perempuan Pertama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti: Wanita Lebih Tahan

Peringatan Hari Kartini digelar di tengah pandemi Covid-19. Meski perekonomian Indonesia masih tertatih-tatih, namun sudah mulai bangkit.

tribunjambi/yon rinaldi
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Suti Masniari Nasution. 

Peringatan Hari Kartini digelar di tengah pandemi Covid-19. Meski perekonomian Indonesia masih tertatih-tatih, namun sudah mulai bangkit. Semua pihak sedang bersinergi mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Satu di antara perempuan di ring I yang turut andil dalam PEN, yaitu Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Sementara itu, di Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi (KPwBI Jambi) menjadi satu di antara  perempuan di ring-2 yang berkiprah untuk perbaikan ekonomi.

Berikut petikan wawancara eksklusif di Rumah Dinas Kepala BI Provinsi Jambi, Sabtu (17/4).

Bagaimana peran perempuan dalam mendorong ekonomi nasional secara pusat maupun Provinsi Jambi?    

Wanita atau perempuan kan punya peran strategis di negara kita. Di negara kita ini tidak ada pembatasan gender untuk menduduki posisi tertentu, termasuk berperan dan berkontribusi untuk berbagai hal, termasuk perekonomian.

Contohnya saya, diberi kesempatan seluas-luasnya untuk bisa berkarya, berkontribusi melalui karier saya, bagaimana mendorong perekonomian di Provinsi Jambi yang perempuan-perempuannya berada di berbagai di berbagai sisi. Artinya, perempuan di berbagai profesi saat pandemi ini, harus bisa mengedukasi masyarakat.

Sebelum itu, pertama tentu mengedukasi keluarganya dulu. Karena keberhasilan kita bangkit dari pandemi untuk perekonomian yang lebih bergerak, syaratnya bagaimana menjalankan protokol kesehatan dengan benar, artinya bisa menekan angka penyebaran covid.

Perempuan di sini sangat strategis, karena mereka bisa mengedukasi keluarga dulu, sekelilingnya dan masyarakat luas. Edukasi seperti itu pun pasti sudah sangat membantu untuk menyelamatkan perekonomian kita pada saat pemulihan ekonomi.

Untuk Provinsi Jambi, bagaimana progres pemulihan ekonominya hingga saat ini?         

Kita lihat di tahun 2020, ekonomi terkontraksi. Artinya pertumbuhannya mengalami penurunan, atau negatif. Tapi nasional juga seperti itu, bahkan dunia atau global juga seperti itu. Kalau kita lihat Jambi sekarang, kita optimistis tahun 2021, pertumbuhannya akan lebih bagus dari 2020.

Halaman
1234
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved