Breaking News:

Olahan Nanas Berhasil Memenangkan Pendanaan dari Kemendikbud yang Terinspirasi dari Nanas Tangkit

Ia juga mengatakan Proses selanjutnya dari seleksi KBMI ialah kontrak kerja dengan pihak Kemendikbud..

Istimewa
Tim Unja 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Jambi (Unja), Menenagkan proposal pendanaan dari Kemendikbud, yang terinspirasi dari nanas yang berada di sungai gelam, sudah ada beberapa produk yang dihasilkan.

Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Jambi (Unja) berhasil memenangkan seleksi proposal pendanaan yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), di laksanakan dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan muda di perguruan tinggi 

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa unja yang terdiri dari 5 orang, membawakan produk olahan dari nanas, yang diberi nama Gubuk Nenas yang terinspirasi dari buah nanas yang berasal dari Tangkit batu, sungai gelam.

Pada kebun nanas yang terletak di Tangkit, ketika musim panas memang sangat melimpah dan juga memiliki potensi yang sangat luar Biasa

Gubuk Nenas juga menjalankan program Tangkit Entrepreneurship, program ini dilatar belakangi oleh keadaan petani di Desa tersebut.

Selain itu jaga, nanas Tangkit Punya Ciri Khas rasa tersendiri, berbeda dengan nanas dari tempat lain.

"Kita tahu bahwa sentra kebun nanas di Provinsi Jambi yakni ditangkit baru, memiliki potensi sumber daya nanas yang luar biasa sehingga kami tertarik untuk membawa hal ini ke dalam proposal KMBI," jelas Atas Nama Deci Fachrosi Sebagai PIC Produksi

"Selain itu di desa Tangkit Baru ini juga ketika musim nanas berlangsung, hasil panen dari buah nanas sangat melimpah, akibatnya harga dari buah nanas akan menurun drastis dan tidak jarang banyak buah nanas yang dibiarkan membusuk karena tidak sempat terjual dan tidak diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat," tambahnya.

Gubuk Nenas sudah melakukan beberapa produksi dari olahan nanas dan kedepan akan terus mengembangkan olahan nanas mengikuti perkembangan pasar.

"Beberapa produk yang telah kami produksi ada NassDrink, BrowNass, Nass Kress dan Kulnas, itu sebagian dari nama produk yang kami hasilkan, dan semoga kedepan akan ada beberapa produk lagi yang akan kami hasilkan lagi tentunya mengikuti permintaan serta perkembangan pasar saat ini," tutupnya.

Ia juga mengatakan Proses selanjutnya dari seleksi KBMI ialah kontrak kerja dengan pihak Kemendikbud dan dilakutkan dengan pencairan, untuk produksi home Industri Gubuk Nenas di Kota Jambi.

Dari tangkit entrepreneurship diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengolah produk nanas menjadi produk yang menambah nilai jual.

Program ini juga sebagai wujud pengabdian dari Universitas Jambi yang memiliki visi dan misi berorientasi pada Entrepreneurship. 

Penulis: Ade Setyawati
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved