Breaking News:

Berita Kota Jambi

Satgas KPK Temui Pj Gubernur Jambi Sampaikan Pesan Pimpinan Soal Korupsi

Tim Satgas Pencegahan Wilayah I KPK yang diketuai Maruli Tua berkunjung ke Pemprov Jambi, Senin (19/4/2021). 

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
KPK Targetkan MCP Provinsi Jambi Tahun 2021 Ini Mencapai 80 Persen 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tim Satgas Pencegahan Wilayah I KPK yang diketuai Maruli Tua berkunjung ke Pemprov Jambi, Senin (19/4/2021). 

Kehadiran Satgas KPK ini disambut langsung oleh Pj Gubernur Jambi Hari Nurcahya Murni, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Kepala Bakeuda, Inspektarat dan beberapa OPD terkait lainya.

Usai pertemuan Kepala Satgas Pencegahan Wilayah I KPK, Maruli Tua mengapresiasi diskusi yang dilakukannya dengan pejabat Pemprov Jambi hari ini.

 Dikatakannya ada tiga hal yang didapat dari diskusi tersebut, pertama mendapatkan komitmen dari ibu Pj Gubernur untuk dalam waktu yang terbatas ini membangun pondasi kelembagaan pencegahan korupsi di Pemprov Jambi

"Tadi kami sampaikan juga pesan dari pimpinan KPK agar tidak terjadi lagi korupsi di Pemprov Jambi," kata Maruli.

Lalu yang ke dua lanjut Maruli, untuk mewujudkan itu, ada 7 fokus pencegahan penting yang harus dilakukan, disiapkan, dikoordinasikan di Pemprov jambi khususnya oleh Sekda, Inspektur dan jajaran pimpinan OPD. 

Ke tujuh fokus tersebut adalah, Pertama perencanaan penganggaran APBD, ke dua pengadaan barang dan jasa, ke tiga pembenahan perizinan, ke empat memperkuat pengawasan oleh inspektorat, ke lima pembenahan manajemen ASN, enam optimalisasi pendapatan pajak daerah dan ke tujuh pembenahan manajemen aset daerah. 

"Jadi itu 7 fokus penting di samping hal lain yang penting juga yang harus dilakukan," jelasnya.

Lalu yang ke tiga, ada beberapa tematik penting yang akan dilakukan KPK di Provinsi Jambi tahun ini. Pertama, tidak hanya fokus pencegahan korupsi di sektor belanja tetapi mencegah korupsi di sektor pendapatan pajak daerah.

"Kami yakin pencegahan korupsi bisa lebih mengoptimalkan potensi-potensi yang sangat banyak di Provinsi Jambi terkait dengan pajak daerah," tambahnya.

Lalu kemudian, beberapa aset Pemprov jambi yang perlu diselamatkan di tertibkan termasuk juga dioptimalkan dalam hubungan kerjasamanya dengan pihak lain. 

"Secara umum dari 7 fokus di atas sudah ditetapkan, namun butuh optimalkan. Kalau tahun lalu sudah cukup lumayan sudah 70 persen, kami yakin Pemprov jambi bisa lebih naik lagi, kami target tahun 2021 ini harus menjadi 80 persen, apalagi opini dari BPKnya WTP, jadi harusnya MCP nya lebih tinggi lagi untuk Provinsi Jambi," pungkasnya 

Baca berita lain terkait Pemprov Jambi

Baca juga: Selain Amankan Knalpot Brong, Polres Sarolangun Juga Tilang Pelanggar

Baca juga: Zakat Fitrah di Merangin Telah Ditetapkan, Segini Besarannya

Baca juga: Selain Cabai, Harga Daging Ayam dan Ikan Segar di Muarojambi Juga Turun Sepekan Ramadhan

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved