Breaking News:

Kasus Penyelundupan Baby Lobster, Sopir Mobil Rental Divonis Bebas Oleh Pengadilan Tinggi Jambi

Eddy Suhaimi divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Tanjabtim pada kasus penyelundupan baby lobster beberapa waktu lalu.

TRIBUNJAMBI/IST
Eddy Suhaimi (tengah) keluar dari tahanan setelah divonis bebas, karena tidak terbukti terlibat dalam penyelundupan benih lobster di Tanjung Jabung Timur. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Eddy Suhaimi divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Tanjabtim pada kasus penyelundupan baby lobster beberapa waktu lalu.

Sopir mobil rental itu telah ditahan sejak 21 Januari 2021.

Saat itu ia dibayar mengangkut penumpang dari Kota Jambi ke Tanjabtim.

Namun dalam kasus tersebut, pria yang disewa jasanya bawa penumpang itu turut diseret dalam kasus penyelundupan itu.

Di Pengadilan Negeri Tanjabtim, Eddy Suhaimi dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman penjara 1,6 bulan, pada kasus dugaan tindak pidana dengan sengaja membantu melakukan pengangkutan ikan tidak memiliki SIUP.

Adapun benih lobster yang saat itu disebut dalam perkara itu adalah sebanyak 89.068, terdiri dari jenis mutiara dan pasir.

Benih lobster itu telah dilepasliarkan kembali ke habitatnya di perairan laut Pantai Marapalam, Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Hakim PN Tanjabtim yang mengadili kasus tersebut kemudian menyatakan pria 52 tahun itu bersalah kemudian divonis satu tahun penjara.

Selain itu Eddy juga dikenakan denda besar yakni Rp 1 miliar, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan.

Merasa tak bersalah dalam kegiatan ilegal, Eddy mengajukan banding.

Halaman
123
Penulis: Suang Sitanggang
Editor: Suang Sitanggang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved