Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Waspada, Kepo Rohani!

Bacaan ayat: Yohanes 13:24-25 (TB) -"Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata: "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!" Murid yang dudu

ist
Ilustrasi renungan harian 

Waspada, Kepo Rohani!

Bacaan ayat: Yohanes 13:24-25 (TB) -"Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata: "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"
Murid yang duduk dekat Yesus itu berpaling dan berkata kepada-Nya: "Tuhan, siapakah itu?"

Oleh Pdt Feri Nugroho

Pdt Feri Nugroho
Pdt Feri Nugroho (Instagram @ferinugroho77)

Kepo, menjadi istilah umum yang ingin menyebut seseorang yang suka ingin tahu dengan urusan orang lain, meskipun apa buang dia ingin tahu tidak kena mengena dengan dirinya sendiri.

Kamus besar Bahasa Indonesia, mengartikan kepo sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang sesuatu atau orang lain.

Rasa ingin tahu, jika dikaitkan dengan inovasi, tentu tidak akan bermasalah.

Justru diperlukan rasa ingin tahu yang lebih besar agar termotivasi untuk melakukan tindakan inovasi terhadap segala sesuatu.

Namun, ketika rasa ingin tahu tersebut hanya terhubung dengan upaya untuk mencari bahan tentang orang lain, hanya didasarkan pada kepentingan ngerumpi, tentu perlu diwaspadai.

Terhadap Tuhan pun, seringkali kita kepo. Seseorang lebih sering mencari tahu penyebab sesuatu terjadi dari pada mencari makna terhadap peristiwa tertentu dalam hidup.

Baca juga: Renungan Harian Kristen - Mengasihi dan Menggembalakan

Atau, seseorang lebih mudah melakukan pengandaian tertentu untuk melarikan diri dari kenyataan, dari pada menerima sebuah peristiwa sebagai fakta dan menemukan peran sebuah peristiwa dalam kaitannya dengan kedewasaan iman.

Halaman
1234
Editor: Suci Rahayu PK
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved